Sabtu, 20 Juni 2015

5 Cara Mengatasi Malas Belajar

Menjalani masa-masa kuliah awalnya memang menyenangkan. Bertemu teman baru, punya kelas baru, hangout bersama teman-teman baru, dan masih banyak lagi. Saat pertama kali kamu masuk kuliah, rasanya pasti semangat sekali. Kamu bangga jadi anak kuliahan. Kamu senang pergi ke toko buku untuk membeli buku diktat kuliah yang super tebal. Kamu rajin mencatat materi saat pelajaran berlangsung. Bahkan, sepulang kuliah kamu baca lagi catatanmu. Ya, kamu masih semangat untuk belajar. Kamu pun selalu bangun pagi agar tidak terlambat. Dan hasilnya? Nilai IPK semester 1 bisa cumlaude.


Tapi, seiring bertambahnya semester, semua berubah. Masa-masa kuliah sudah tidak seindah dulu. Tugas semakin menumpuk. Mata kuliah yang kamu pelajari semakin sulit. Kamu pun semakin malas belajar. Nah, inilah yang membuat nilai IPK mu semakin lama semakin jeblok. Lah, kalau nilai IPK jeblok, siapa yang rugi? Pastilah kamu juga yang rugi. Jadi, sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang ubah kebiasaanmu agar tidak malas belajar. Bagaimana caranya?

1. Tulis Target Jangka Pendek

Jika kamu benar-benar niat, cara yang pertama ini ampuh untuk mengatasi malas belajar. Misalkan nih, target paling sederhana saja. Kamu ingin semua nilai ujian minimal B. Nah, tulis dengan huruf besar, dan target yang jelas. Contohnya begini, “SEMUA NILAI UJIAN SEMESTER 4 MINIMAL HARUS B”. Kalau perlu garis bawahi dengan spidol besar hitam. Jika sudah selesai, tempelkan di dinding tepat di depan meja belajarmu. Jadi kamu bisa membaca targetmu dengan jelas setiap hari. Kamu berani tidak menargetkan nilai A?

2. Tempel Gambar Tokoh Inspirasi

Poster artis, atau poster tokoh film yang ditempel di kamar itu sudah biasa. Tapi bagaimana jika yang ditempel adalah poster Ridwan Kamil? Kamu cukup menempel foto tokoh dunia atau anak muda berprestasi yang menjadi inspirasimu. Tidak harus orang luar negeri. Di Indonesia pun banyak sekali anak muda berprestasi. Bahkan, temanmu sendiri pun boleh kamu jadikan inspirasi. Kalau perlu cetak fotonya seukuran poster agar kamu benar-benar termotivasi.

3. Dengarkan Musik Sambil Belajar

Memang, tidak semua orang bisa belajar sambil mendengarkan musik. Tapi, jika dengan musik kamu lebih semangat belajar dan materinya lebih mudah masuk, kamu wajib mencoba cara ketiga ini. Mendengarkan musik favorit dengan volume rendah bisa menghilangkan rasa malas belajar.

4. Jauhkan Diri Dari Gadget dan Kasur

Bagi anak muda, gadget dan kasur adalah godaan terbesar saat belajar. Betul tidak? Belajar sambil leyeh-leyeh di atas kasur. Baca materi kuliah 10 menit, scrolling timeline twitter 30 menit. Belum lagi kalau mention-mentionan. Eh, keasyikan main gadget, kepala pindah ke bantal, akhirnya malah ketiduran. Lalu kapan dong belajarnya? Nah, kalau kamu memang niat mau belajar, letakkan gadgetmu sejauh-jauhnya, lalu matikan. Dan kedua, usahakan untuk belajar di luar kamar, jangan belajar di atas kasur.

5. Mandi Dulu Sebelum Belajar

Cara terakhir, kamu harus mandi sebelum belajar. Kenapa? Mandi akan membuat kamu lebih fresh dan rileks. Pakailah sabun atau parfum yang wanginya tahan lama. Lalu dengarkan musik favoritmu sambil belajar. Dijamin, kamu pasti bisa belajar dengan senang.

2 komentar:

  1. mandi dulu sebelum belajar, cukup sepele. tapi memang ada benarnya juga badan fresh praktis kita bisa lebih bisa konsen belajar :)

    BalasHapus