Selasa, 16 Juni 2015

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Smartphone

Di jaman modern seperti sekarang ini, kita tidak bisa lepas dari smartphone. Smartphone yang semakin lama semakin serba canggih membuat kita selalu tergoda untuk membeli smartphone terbaru. Banyak sekali pilihan smartphone dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya yang bisa kamu beli. Nah, kita sebagai konsumen harus pintar dalam memilih smartphone. Jangan asal beli smartphone ya, guys. Kalau kamu berencana untuk beli smartphone, kamu harus memperhatikan 5 hal di bawah ini.


1. Sesuaikan Dengan Budget

Hal pertama yang harus diperhatikan saat beli smartphone adalah harga. Jelas. Belilah smartphone dengan harga sesuai budget yang kamu punya. Cek terlebih dahulu harga smartphone yang inginkan di pasaran. Nah, kamu bisa membeli smartphone baru maupun bekas. Pastikan harga smartphone yang kamu beli sesuai dengan harga di pasaran ya. Hati-hati dalam membeli smartphone supaya tidak rugi nantinya.

2. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Banyak sekali pilihan smartphone dengan berbagai model dan spesifikasi. Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan sebelum beli smartphone adalah kebutuhanmu. Apakah kamu beli smartphone untuk berbisnis, untuk bereksis ria, ataukah sekedar untuk berkomunikasi, atau untuk bekerja. Misalkan saja, kamu beli smartphone untuk bekerja karena kamu seorang fotografer. Tentu saja kamu butuh smartphone dengan spesifikasi kamera yang bagus dan berkualitas. Berbeda lagi jika kamu beli smartphone hanya untuk bereksis ria misalnya. Pastikan smartphone yang akan kamu beli dapat memenuhi semua kebutuhanmu.

3. Lihat Spesifikasi

Poin yang satu ini sangat penting. Jangan asal membeli smartphone tanpa melihat spesifikasinya. Spesifikasi ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana kriteria dari smartphone yang akan kamu beli. Misalkan nih, X dan Y adalah dua jenis smartphone dengan harga yang sama, tetapi spesifikasi lebih tinggi smartphone Y. Tentu lebih disarankan untuk beli smartphone Y. Lihat platformnya, kemudian spesifikasi hardware, jaringan dan lain-lain. Bayangkan kamu sudah terlanjur beli smartphone CDMA, padahal di daerahmu jaringan CDMA tidak terlalu bagus. Pasti rugi bukan?

4. Tentukan Cara Pembelian

Jaman sekarang tidak harus susah payah ke luar kota untuk beli smartphone bagus dengan harga miring. Kamu bisa beli secara online. Banyak sekali situs-situs online yang menjual berbagai macam smartphone dengan beragam harga. Tapi ingat, sebelum membeli secara online, pastikan situs online yang akan kamu kunjungi adalah situs terpercaya. Di Indonesia, situs jual-beli online yang terpercaya antara lain olx.co.id, lazada.co.id, dan bukalapak.com.

5. Tentukan Tempat Pembelian

Jika kamu belum pernah membeli secara online, atau kamu merasa khawatir, kamu bisa membelinya secara langsung. Nah, belilah di galeri resmi, atau galeri gadget yang sudah terkenal. Selain lebih aman, bisa dipastikan barang yang dijual asli. Tidak disarankan untuk membeli smartphone di konter-konter HP biasa karena keasliannya belum terjamin. Jadilah pembeli yang pintar ya, guys.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar