Selasa, 29 September 2015

Menikmati Indahnya Istana Air Taman Sari Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu kota dari sekian banyaknya kota di Indonesia yang menyediakan tempat wisata yang menarik. Di Kota ini terdapat berbagai tempat wisata dari mulai wisata alam, belanja sampai wisata kuliner. Setiap musim liburan, kota yang terkenal dengan kota gudeg ini selalu dipenuhi oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Bagi anda wisatawan dalam negeri terutama yang berdomisili di Surabaya dan hendak mengunjungi salah satu tempat wisata di kota ini, maka bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Atau jika tidak mau repot untuk menyetir anda bisa menggunakan jasa transportasi bus. Harga tiket bus Surabaya jogja relative, namun keuntungannya menggunakan jasa seperti ini anda bisa lebih santai ketika dalam perjalanan. Waktu tempuh dari Surabaya ke Jogja sekitar 8 jam dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 328 km.


Banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di tempat ini, salah satunya seperti Istana Air Taman Sari. Destinasi tempat wisata ini terletak di dekat Kraton Yogyakarta Hadiningrat dan hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit dari alun-alun kraton. Tempat ini dibangun oleh Sultan Hamengku Buono I pada tahun 1758-1765, dan tujuan dibangunnya tempat ini pertamanya hanya sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan sekaligus sebagai benteng pertahanan. Tapi sekarang ini Istana Air Taman Sari telah menjadi Cagar Budaya di Yogyakarta dan menjadi salah satu tempat wisata paforit di kota ini.

Bangunan ini memiliki luas sekitar 10 hektar yang dihiasi dengan 57 bangunan seperti beberapa diantaranya kolam pemandian, danau buatan, kanal air, lorong bawah tanah dan masih banyak lagi bangunan yang lainnya. Arsitektur dari bangunan ini mengusung gaya Jawa, Eropa, China, Hindu, Buddha dan Islam. Ternyata luas 10 hektar di awal pembangunannya kini menjadi berubah, hal ini diakibatkan beberapa kompleknya dari bangunan tersebut dirubah menjadi pemukiman penduduk.

Komplek dari Istana Air Taman Sari ini bisa dibagi menjadi dua komplek,
  • Komplek pertama terdiri dari Pulo Kenongo yang merupakan sebuah pulau yang ada di tengah danau buatan, Pulo Cemethi yang dulunya digunakan oleh sultan untuk meditasi, Sumur Gumulung yang merupakan tempat pribadi sultan.
  • Komple kedua terdiri dari Gedhong Gapura Hageng yaitu pintu gerbang utama dulunya, Gedhong Lopak-Lopak yang dulunya adalah menara dengan dua lantai dan sekarang sudah berganti menjadi taman persegi delapan, Umbul Pasiraman yang dulunya tempat pemandian sultan dan para selirnya, Gedhong Sekawan yaitu tempat peristirahatan sultan, Gedhong Gapura Panggung yaitu gerbang utama masuk untuk para wisata yang berkunjung ke tempat ini, Gedhong Temanten yang digunakan sebagai tempat penjagaan.

Bagi anda yang ingin mengetahui sejarah setiap bangunan yang ada di dalam Istana Air Taman Sari ini, maka bisa menggunakan jasa pemandu yang bisa menjelaskan sejarah atau kegunaan masing-masing tempatnya.

Istana Air Taman Sari ini bisa menjadi salah satu tujuan berwisata anda ketika berkunjung ke kota Jogja. Untuk itu bagi anda yang berangkat dari Surabaya, tersedia berbagai alat transportasi yang siap mengantarkan anda sampai Kota Jogja. Harga tiket bus surabaya Yogyakarta tidak terlalu mahal dan bisa didapatkan dengan mudah. Sekarang ini sudah banyak jasa transportasi yang bisa anda pilih dan pemesanannya pun sangat dipermudah, karena sudah banyak yang menggunakan pelayanan secara online salah satunya seperti bosbis.com. Jasa transportasi ini memberikan banyak kemudahan baik dari pelayanannya maupun pemesanan tiket Surabaya-Jogja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar