Jumat, 27 November 2015

Ternyata Ada Beberapa Macam Kulit Sosis

Sosis. Siapa sih yang tidak tahu apa itu sosis. Sosis banyak disukai di dunia, maupun di Indonesia. Saya juga suka sosis. Biasanya sosis ini saya cemil ketika lapar dengan gandengan roti dan saus. Sangat cocok untuk sarapan di pagi hari.

Selain itu sosis juga kadang saya gunakan untuk pelengkap ketika saya membuat mie instan. Atau bahkan saya menggunakan sosis ini untuk campuran omelet. Banyak sekali yang bisa dilakukan dengan sosis.

Sosis sendiri ternyata ada beberapa macam. Ada sosis yang harus dimasak dahulu, ada sosis yang sudah siap makan. Sementara ini sih saya lebih sering makan sosis yang siap makan untuk cemilan.

Berbicara mengenai sosis yang harus dimasak terlebih dahulu, ada beberapa macam sosis berdasarkan kulitnya. Ada kulit yang memang bisa langsung dimakan, ada juga yang tidak bisa dimakan, dengan kata lain ketika sudah masak, kulit itu dibuang.

Ada 3 macam kulit sosis, atau yang biasa disebut dengan casing, berdasarkan data yang saya dapatkan dari Wikipedia. Apa saja macam kulit tersebut?

Collagen Casing


Collagen Casing

Macam kulit sosis yang pertama adalah collagen casing. Collagen casing ini dibagi menjadi dua. Ada collagen casing yang dari sapi dan ada collagen casing yang dari babi. Di Indonesia, lebih banyak menggunakan collagen casing yang terbuat dari sapi karena alasan halal. Collagen casing yang halal dibuat dari olahan usus, tulang, maupun tendon sapi. Collagen casing ini bisa langsung dimakan setelah sosis dimasak. Jadi kamu tidak perlu mengupasnya sebelum dimakan. Tekstur collagen casing ini kenyal, padat, dan berpenampilan menarik.

Cellulose Casing

Yang kedua adalah cellulose casing. Cellulose casing ini dibuat dari bahan kapas atau pulp kayu. Sangat berbeda dengan collagen casing, cellulose casing ini termasuk kulit sosis yang tidak bisa dimakan. Setelah sosis dimasak, untuk memakan sosis kamu harus mengelupas kulit sosis tipe cellulose casing ini.

Plastic Casing

Selanjutnya adalah kulit sosis tipe plastic casing. Tipe kulit sosis ini banyak sekali digunakan pada sosis siap makan yang tersebar di pasaran. Biasanya plastic casing ini terbuat dari polyamide, polypropylene, polyethilene. Namun, yang sangat banyak dijumpai di pasaran adalah plastic casing yang terbuat dari polyamide. Kelebihan dari tipe kulit sosis ini adalah bisa menekan biaya produksi, sehingga harga sosis bisa dijual lebih murah dibandingkan dengan sosis yang berkulit tipe collagen casing maupun cellulose casing.

Itulah ketiga macam casing yang digunakan untuk kulit sosis. Setiap casing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi kamu yang hobi makan sosis, setidaknya kamu tahu bahwa kulit sosis itu bermacam-macam, tidak sebatas hanya menikmati sosis saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar