Selasa, 01 Desember 2015

Hidup Sehat Dengan Food Combining

wortel
Wortel - Credit: Pixabay.com
Beberapa minggu lalu saya sempat menerapkan pola makan ala food combining. Apa sih food combining itu? Food combining adalah pengaturan pola makan yang disesuaikan dengan sistem pencernaan tubuh. Jadi kita berusaha untuk tidak makan-makanan yang memberatkan tubuh atau tidak menggabung makanan yang sulit dicerna pada jam-jam tertentu. Secara arti bahasa food combining adalah kombinasi makanan. Dan dalam pola makan food combining kita dituntut untuk mengkombinasikan makanan secara benar.

Karena kebanyakan dari kita saat makan tidak mengkombinasikan makanan dengan benar. Contohnya makan nasi dengan perkedel kentang. Padahal dalam kentang sudah terdapat karbohidrat, kenapa meski dicampur dengan nasi. Ini dikarenakan kebiasakan pola makan orang Indonesia yang menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya. Meski tidak ada yang salah dengan nasi. Yang terpenting adalah memakan nasi dengan lauk yang benar. Kita bisa memakan nasi dengan sayur-sayuran dan protein nabati.

Mengenal Pola Makan Food Combining

Bagi saya pola makan food combining paling tepat untuk yang ingin berdiet tanpa tersiksa. Dengan food combining saya dapat menurunkan berat badan dalam waktu refaltif singkat tanpa harus mengurangi porsi makan secara ekstrim.

Pada sarapan pagi, para food combiner diharuskan memakan buah apa saja. Kita bebas memakan buah sesuka kita hingga waktu makan siang. Tapi perlu diperhatikan saat memakan buah jangan asal makan. Kunyah hingga lembut dan tercampur air liur agar aman bagi pencernaan.

Nah, saat makan siang kita bisa memakan nasi dengan lauk pauk sayur atau protein nabati. Contohnya seperti makan nasi pecel, nasi dan sop bening dan macam-macam masakan lain yang bisa kamu kreasikan sendiri. Kalau ingin memakan protein hewani pada jam makan siang sebaiknya tidak memakannya bersama nasi. Makanlah protein hewani bersama sayuran agar tidak memberatkan pencernaan.

Untuk makan malam tidak disarankan memakan nasi atau makanan lain yang dapat memberatkan pencernaan. Disarankan untuk makan malam sebelum jam delapan. Jika saat makan siang sudah memakan protein hewani, sebaiknya saat makan malan tidak mengkonsumsi protein hewani lagi.

Tips Sehat Ala Food Combining

Nikmat sehat memang sesuatu yang harus disyukuri. Menjaga kesehatan tubuh tidak bisa asal. Menjalankan pola hidup sehat adalah salah satu kunci agar tetap sehat. Lalu bagai mana pola hidup sehat itu sendiri?

Bagi seorang food combiner tubuh yang sehat dimulai dari pencernaan yang sehat. Itulah mengapa para food combiner berusaha mengkombinasikan makanan dengan benar. Jika ingin hidup sehat kurangi lah makanan yang tidak terlalu berguna bagi tubuh. Perbanyak makan sayur dan buah, minum air putih sebanyak mungkin. Perhatikan apa yang jadi makanan kita. Jangan memberatkan pencernaan dengan makan makanan yang memiliki unsur pati dengan protein hewani. Makanlah protein hewani dengan sayur-sayuran. Itulah sedikit tips kesehatan ala food combiner yang masih newbie ini.


1 komentar: