Kamis, 03 Desember 2015

Pentingnya Membuat Rencana Perjalanan

Siapa sih yang tidak pernah bepergian? Saya yakin semua orang pasti pernah bepergian. Entah itu dalam rangka pulang kampung, tugas kantor, ataupun hanya sekedar rekreasi. Merencanakan perjalanan sangatlah penting. Mengapa penting? Dengan merencanakan perjalanan kita akan tahu berapa estimasi waktu yang kita butuhkan dan berapa jumlah uang yang harus disediakan. Selain itu dengan merencakan perjalanan kita tahu apa saja barang yang perlu dibawa dan harus ditinggal di rumah.

Sumber gambar: Pexels.com

Pengalaman bepergian mengajarkanku banyak hal. Membuat rencana perjalanan memang sangat perlu. Biasanya saya melakukan bepergian dari Surabaya ke Purwokerto, tempat mertua saya. Biasanya hal yang pertama hitung adalah biaya yang dibutuhkan selama perjalanan. Misal harga tiket kereta dikali dengan jumlah orang yang ikut. Biasanya saya pergi bersama istri dan anak saya. Jumlahnya sih tiga orang. Namun demi kenyamanan perjalanan, saya memesan empat tempat duduk kereta.

Setelah itu saya juga menghitung biaya antara rumah saya dan stasiun kereta api dan dari stasiun kereta api ke rumah mertua. Selain itu, saya juga harus menyiapkan dana khusus untuk jajan ketika perjalanan. Sangat normal di tengah perjalanan pasti membeli makanan untuk dimakan di kereta. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan dana jasa porter jika kamu membawa banyak barang.

Selain uang, ada hal yang harus kamu rencanakan. Kapan saya harus berangkat dan kapan saya harus balik lagi ke Surabaya. Memilih tanggal yang pas tentu sangat penting. Hal ini saya lakukan agar tidak bentrok dengan jadwal aktivitas kerja. Biasanya saya agak lama menginap di Purwokerto. Hal ini karena perjalanan Surabaya ke Purwokerto sekitar 10 jam lebih. Sangat melelahkan jika jarak antara keberangkatan dan kepulangan terlalu dekat.

Merencanan barang apa saja yang dibawa juga sangat penting. Jangan sampai terlalu banyak membawa barang bawaan, karena hal itu akan melelahkan dirimu di perjalanan. Terlalu sedikit membawa barang juga tidak baik. Apalagi jika menyangkut masalah pakaian. Karena tidak mungkin kita meminjam pakaian dalam orang lain kan?

Dan yang paling penting adalah merencanakan apa saja yang akan kamu lakukan di tempat tujuan. Jangan sampai kamu hanya mendapatkan lelah dan melupakan tujuan awal perjalananmu. Kamu harus menentukan hari pertama diisi dengan apa, begitu juga hari kedua dan hari-hari selanjutnya. Walaupun kadang rencana tidak jalan 100%, namun setidaknya ada hal-hal penting yang terealisasi.

Itulah sekilas bagaimana saya merencanakan sebuah perjalanan. Akan sangat berbeda lagi jika kamu merencanakan perjalanan yang sebelumnya kamu belum pernah ke daerah tujuan. Kamu harus menyiapkan informasi mengenai destinasi perjalananmu itu. Setidaknya kamu harus punya peta daerah tujuan. Di zaman ini kamu bisa menggunakan ponsel pintar kamu untuk menavigasi tujuan perjalananmu. Dan kamu harus mencari informasi layanan telekomunikasi apa yang berjalan bagus di daerah tujuanmu. Banyak sekali kejadian seorang traveler kehilangan sinyal ponselnya. Dan tentu saja hal ini sangat menyulitkan dan dapat mengurangi kenyamanan bepergian.

Ada hal lain yang mungkin penting adalah kamu harus menaruh uangmu di tempat yang berbeda. Hal ini untuk menanggulangi apabila terjadi pencopetan atau hal yang tidak kamu inginkan. Dengan memisah tempat uang, setidaknya bisa menjadi cadangan jika salah satu tempat kecopetan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar