Minggu, 24 Januari 2016

Tip Meninggikan Badan Anak Secara Alami

Tinggi badan adalah salah satu hal yang menjadi parameter kepercayaan diri ketika berkumpul dengan orang lain. Mungkin itu berlaku untuk orang dewasa. Namun, pernahkah Anda ketahui, ternyata di lingkungan anak-anak, tinggi badan juga cukup menjadi isu dan memperngaruhi kepercayaan diri seorang anak. Anda pasti pernah tahu bahwa ada seorang anak merasa tidak percaya diri jika tinggi badannya lebih pendek dibandingkan rata-rata temannya. Apalagi terkadang hal tersebut menjadi olok-olokan dan membuat mental anak down.

Sebagai orang tua, kita harus memperhatikan hal terkecil yang terjadi pada anak kita. Karena kadang anak menjadi murung hanya karena perkara yang menurut kita sepele, misal dia adalah anak yang tinggi badannya paling pendek di antara teman sepermainannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah ini. Ketika masa kanak-kanak, anak masih bisa diprogram untuk memiliki tinggi badan yang ideal. Berikut ini adalah beberapa cara meninggikan badan anak secara alami.

Sumber gambar: Pixabay.com

Olahraga Rutin

Masa belia sangat cocok untuk memprogram tinggi badan. Olahraga adalah salah satu cara yang paling efektif untuk merangsang tulang dan otot anak untuk menjadi lebih panjang. Olahraga yang bisa digunakan untuk meninggikan badan sangatlah banyak. Anak Anda bisa memilih mana yang dia sukai. Jika anak Anda menyukai lari, maka lari sprint bisa merangsang otot dan tulang untuk menambah tinggi badan. Tentu saja olahraga ini harus dilakukan rutin. Misal Anda menjadwalkan anak Anda untuk melakukannya seminggu dua atau tiga kali.

Selain sprint, ada lagi olahraga lainnya yaitu basket. Dalam olahraga basket tentu ada bagian melompat. Melompat inilah yang bisa membantu badan untuk tinggi. Jika anak Anda kurang suka dengan basket, masih ada olahraga lainnya yaitu berenang. Dengan berenang maka badan Anak akan dirangsang untuk memanjang. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anak Anda.

Tidur/Istirahat Cukup

Selain olahraga, tidur atau istirahat yang cukup juga mempengaruhi tumbuh kembang anak Anda. Dengan tidur yang cukup, maka oksigen yang dibutuhkan oleh otak anak terpenuhi. Jika kebutuhan otak terpenuhi, maka otak akan memberikan pengaruh yang baik pada anggota badan lainnya. Selain itu, dengan istirahat yang cukup, anggota badan yang kelelahan bisa melakukan rehat untuk aktivitas selanjutnya.

Makan Protein, Zat Besi, dan Kalsium Cukup

Hal lain yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan anak adalah asupan gizi yang cukup. Gizi yang dibutuhkan untuk meninggikan badan adalah protein, zat besi, dan kalsium. Protein, zat besi, dan kalsium bisa Anda dapatkan dalam telur, daging, keju, sayuran hijau, dan lain-lain.

Selain ketiga cara alami tersebut, Anda bisa menanggulangi asupan protein, zat besi, dan kalsium anak Anda dengan mengkonsumsi suplemen yang menggantikan tiga zat peninggi badan tersebut. Anda bisa mendapatkan suplemen tersebut pada toko yang jual vitamin peninggi badan untuk anak-anak. Namun, meskipun Anda sudah memberikan suplemen peninggi badan pada anak, Anda tetap harus menganjurkan anak Anda untuk olahraga agar mendapatkan tinggi badan yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar