Kamis, 04 Februari 2016

Patuhi Saran Dokter Ketika Mengalami Gula Darah Tinggi

Secara medis, kegagalan pengaturan gula dalam darah merupakan penyebab paling utama dari kasus penyakit diabetes melitus. Memang benar adanya jika tubuh manusia membutuhkan gula darah saat melakukan berbagai aktivitas. Anda membutuhkan glukosa untuk bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan jumlah energi yang memadai. Meskipun demikian, ketika kadar gula dalam darah menjadi lebih tinggi dari batasan normal, baik itu akibat faktor hormon maupun gaya hidup, maka tubuh Anda ada di dalam kondisi yang berbahaya. Karena gula diabetes lambat laun akan merusak tubuh Anda.


Secara lebih jelasnya dapat dikatakan bahwa penderita diabetes memiliki tubuh yang tidak mampu mengontrol jumlah gula darah atau glukosa secara otomatis. Hal ini dapat terjadi bukan karena gula darah yang tinggi datang secara tiba-tiba, namun lebih pada tubuh yang tidak mampu memproduksi hormon insulin dalam jumlah mencukupi. Karena kurangnya pasokan insulin seperti yang dibutuhkan oleh tubuh, maka akhirnya gula darah justru berubah menjadi racun. Sehingga penderita stadium lanjut biasanya mengalami kerusakan organ.

Ketika kadar gula darah yang ada dalam tubuh Anda sudah terlanjur tinggi, tentu saja Anda juga akan mulai merasa kebingungan mencari cara untuk mengatasinya. Padahal langkah pertama yang sudah seharusnya Anda lakukan adalah melakukan konsultasi pada dokter serta rutin untuk mengkonsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokter. Bukan hanya itu saja, hingga saat ini ada tips-tips jitu yang dapat membantu Anda menangani penyakit gula darah ini. Untuk tips yang pertama yaitu memastikan apakah Anda melakukan diet dengan mengurangi karbohidrat secara ketat.

Sebenarnya tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi artinya Anda harus mengurangi asupan gula darah di dalam tubuh Anda. Terdapat begitu banyak jenis makanan yang dapat Anda gunakan untuk mengganti karbohidrat guna membantu Anda dalam mengontrol kadar gula dalam penyakit diabetes seperti kacang kedelai, sereal maupun roti gandum utuh. Selama Anda ingin gula darah tinggi dapat teratasi secara tuntas, suka ataupun tidak Anda harus tetap menjalani gaya hidup sehat semacam ini.