Kamis, 10 Maret 2016

Penyebab Diabetes Melitus dan Cara Mencegahnya

Diabetes melitus menjadi salah satu penyakit yang berbahaya di dunia. Bahkan setiap tahunnya penderita diabetes melitus juga semakin meningkat. Meningkatnya jumlah penderita diabetes melitus ini tentu saja membuat Anda semakin waspada bukan? Ada banyak sebab yang bisa menyebabkan penyakit ini muncul. Apakah Anda sudah tahu penyebab diabetes melitus ini? Jika belum tahu ada baiknya Anda menyimak informasi berikut ini.


Penyebab penyakit diabetes melitus bisa muncul karena beberapa faktor antara lain:

Faktor genetik

Jika orang tua Anda termasuk penderita diabetes, sebaiknya Anda perlu waspada. Karena Anda memiliki potensi 6 kali lebih besar untuk menderita diabetes.


Faktor gaya hidup

Gaya hidup adalah faktor kedua yang menyebabkan diabetes timbul. Biasanya orang yang terjangkit diabetes memiliki pola gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya saja kurang olahraga dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji.

Obesitas

Obesitas atau kegemukan juga menjadi salah satu faktor pemicu diabetes. Ini disebabkan karena lemak menumpuk dalam tubuh sehingga membuat insulin tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya kadar gula darah dalam tubuh tidak terkontrol.

Virus

Virus yang terinfeksi ke dalam tubuh ternyata juga bisa menjadi penyebab diabetes. Apalagi jika virus tersebut mengganggu pankreas. Terganggunya pankreas karena virus tentu saja membuatnya kurang berfungsi dengan baik.

Ternyata banyak sekali bukan hal yang menyebabkan diabetes bisa timbul dalam tubuh. Untuk itulah sebelum diabetes menghinggapi tubuh Anda ada baiknya Anda melakukan pencegahan. Pencegahan bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Misalnya dengan melakukan olahraga rutin setiap hari. Selain itu konsumsilah makanan yang sehat dan hindari mengkonsumsi makanan cepat saji. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi buah.

Terakhir, ganti gula tebu Anda dengan Tropicana. Tropicana merupakan gula jagung yang baik sekali dikonsumsi untuk mencegah diabetes. Perlu diketahui juga jika Tropicana ini mengandung kalori yang rendah sehingga tidak membuat kadar gula darah dalam tubuh cepat naik. Kadar gula yang naiklah yang menjadi penyebab diabetes melitus muncul. Dengan mengkonsumsi Tropicana setiap hari Anda sudah bisa mencegah timbulnya penyakit diabetes melitus yang sangat berbahaya ini.