Selasa, 08 Maret 2016

Tangki Fiberglass untuk IPAL (Installasi Pengolahan Air Limbah)

Memilih Tangki Fiberglass sebagai Media



Penggunaan tangki fiberglass ternyata tidak hanya dipakai untuk menyimpan cadangan air pada keperluan perumahan. Untuk keperluan industri, selain untuk menyimpan bahan-bahan kimia, ternyata tangki yang menggunakan bahan dasar fiberglass ini juga bisa digunakan sebagai media instalasi pengolahan air limbah atau yang lebih sering dikenal dengan istilah IPAL. Beberapa perusahaan industri menggunakan tangki tersebut untuk pengolahan limbah tentu saja bukan tanpa alasan. Selain ukurannya yang bisa disesuaikan kebutuhan, ternyata tangki tersebut juga mudah untuk ditanam di dalam tanah sehingga tidak menyita banyak tempat dan tentu saja bau limbah lebih teredam karena jauh dari jangkauan. Namun, memilih tangki fiberglass untuk media instalasi pengolahan air limbah tentu saja tidak bisa sembarangan. Ada beberapa aspek yang harus dicermati agar  limbah nantinya benar-benar masuk dalam kategori layak buang dan ramah lingkungan. Dalam artikel ini akan dibahas persyaratan penggunaan tangki berbahan dasar fiberglass sebagai media instalasi pengolahan air limbah.


Syarat Tangki Fiberglass agar Bisa Digunakan sebagai Media Instalasi Pengolahan Air Limbah



Pengolahan air limbah dengan menggunakan media tangki fiberglass memang semakin marak digunakan oleh beberapa industri. Alasannya sudah jelas, yaitu tangki ini dapat sekaligus dipasang dengan beberapa teknologi canggih agar dapat melakukan proses penyaringan. Namun nampaknya penyaringan air limbah tidak bisa dilakukan sembarangan agar tidak mengganggu lingkungan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi oleh tangki fiberglass agar bisa digunakan sebagai media instalasi pengolahan limbah:


1. Kualitas filter yang teruji Konsep utama dalam penggunaan tangki fiberglass sebagai media pengolahan air limbah adalah ketersediaan filter yang digunakan untuk menyaring limbah sehingga sisa airnya masuk dalam kategori layak buang. Pastikan sebelum memasangnya pada proyek industri yang sedang Anda kelola, telah diadakan pengujian terhadap filter yang terpasang di dalam tangki. Jika sekiranya filter di dalamnya belum menunjukkan hasil yang maksimal, bisa dilakukan penggantian terlebih dahulu agar air yang dikeluarkan nantinya benar-benar bebas limbah.

2. Spesifikasi tangki fiberglass sesuai dengan konsep ramah lingkungan
Mengolah limbah memang tidak mudah, apalagi untuk limbah industri yang mengandung berbagai bahan kimia. Sebelum membeli tangki fiberglass sebagai media pengolahan limbah, ada baiknya Anda mencermati spesifikasinya terlebih dahulu. Pilihlah desain dan bahan-bahan yang memang sudah teruji kualitasnya sehingga semua bahan yang dikeluarkan dari hasil pengolahan limbah benar-benar sesuai dengan konsep ramah lingkungan.

3. Sistem pembunuhan bakteri
Selain filter, yang harus ada dalam tangki fiberglass Anda nantinya adalah sistem pembunuhan bakteri. Hal ini sangat penting mengingat limbah industri mengandung bahan-bahan kimia yang beracun. Apabila tidak bisa diuraikan dengan baik, tentu saja hasil pembuangannya dapat mengganggu lingkungan dan ekosistem makhluk hidup.

4. Hindari sistem rembesan
Jika tangki fiberglass digunakan sebagai media untuk instalasi pengolahan limbah, jangan sekali-sekali memilih tangki yang memiliki sistem rembesan. Hal ini tentu akan berakibat sangat buruk karena bau limbah dapat menyebar hingga ke luar.

Demikianlah beberapa syarat yang wajib dipenuhi oleh tangki fiberglass apabila akan digunakan sebagai media instalasi limbah. Jika sekiranya tangki yang Anda pilih belum sesuai dengan beberapa persyaratan di atas, Anda tidak perlu segan meminta desain ulang pada produsen tangki air. Pasalnya, salah satu keunggulan dari penggunaan fiberglass sebagai bahan dasar tangki adalah dapat dibuat dengan mudah sesuai dengan kebutuhan.

Fabrikasi Tangki Fiberglass IPAL


Kebutuhan akan tangki fiberglass dalam installasi pengolahan air limbah sangatlah tinggi, bagi anda yang sedang mencari produsen tangki tersebut anda dapat menghubungi nomor handphone berikut ini 0856 2200 600 (WA). Anda dapat menanyakan informasi detail teknis lainnya yang berkaitan dengan tangki fiber seperti ukuran yang digunakan, harga tangki per m3 ( kubukasi ) dan info harga diskon lainnya yang biasanya diberikan oleh produsen tersebut. Jika anda masih membutuhkan info lainnya, silahkan kunjungi salah satu alamat website berikut ini milik PT Energi Putra Bangsa, sebagai fabricator pembuat tangki fiber. http://energiputrabangsa.co.id/produk/tangki-fiberglass-stainless/