Jumat, 01 April 2016

Dongeng Anak - Sarana Pendidikan Yang Menghibur

Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh para orang tua saat mereka sedang menghabiskan waktu bersama buah hati mereka. Salah satunya adalah membacakan dongeng anak. Aktivitas ini dapat dilakukan kapan saja. Tapi memang, waktu yang paling tepat untuk membacakan dongeng adalah saat anak hendak tidur di malam hari. Dulu, membacakan dongeng identik dengan membaca buku. Tapi sekarang, segalanya telah berubah drastis. Sumber dongeng untuk anak tidak hanya buku saja. Para orang tua yang ingin membacakan dongeng untuk anak mereka dapat dengan mudah mengakses internet menggunakan tablet mereka, dan mengunjungi situs yang menyediakan dongeng. Ini tentunya jauh lebih praktis dari membeli buku dongeng anak. Dan tentunya, ini juga jauh lebih hemat karena semua situs dongeng anak menyediakan dongeng anak secara gratis.


Mempererat hubungan antara orang tua dengan anak adalah manfaat terbesar dari membacakan dongeng kepada anak. Tapi sebenarnya, masih ada banyak manfaat lain dari aktivitas ini. Sebenarnya dongeng lebih dari sekedar cerita untuk menghibur anak. Ada banyak dongeng yang juga merupakan sarana pendidikan. Dalam dongeng-dongeng tersebut, terdapat pelajaran yang bermanfaat bagi anak-anak. Pelajaran tersebut dapat berupa pelajaran budi pekerti, atau sekedar menambah wawasan anak tentang suatu hal, seperti sejarah, dan masih banyak lagi. Supaya pendidikan yang dimasukkan ke dalam dongeng lebih dapat terserap dengan baik oleh anak, ada baiknya jika setelah membacakan dongeng, para orang tua mendiskusikan isi dari dongeng tersebut dengan anak mereka.


Sebelum membacakan dongeng kepada anak mereka, sebaiknya para orang tua membaca dongeng tersebut secara menyeluruh terlebih dahulu. Ini sangat penting karena ada beberapa dongeng, khususnya yang diadaptasi dar karya penulis luar negeri, yang isinya agak kurang sesuai untuk anak-anak.