Sabtu, 09 April 2016

Parameter Harga Jual Rumah

Memiliki rumah yang nyaman memang menjadi idaman semua orang. Tapi sayangnya harga rumah semakin mahal tiap tahunnya. Salah satu lokasi yang menjadi incaran orang mencari rumah adalah di Bandung. Hal ini dikarenakan Bandung adalah kota terbesar ketiga. Fasilitas yang lengkap membuat orang-orang nyaman tinggal di Bandung. Sehingga membuat harga rumah murah di Bandung menjadi sangat langka. Meski pun harga rumah di Bandung semakin melejit tidak membuat orang-orang mengurungkan niat mereka tinggal di Bandung. Tentu saja karena kelengkapan fasilitas di Bandung sangat sepadan dengan harga properti yang ditawarkan.



Selain di Bandung, orang-orang pun berbondong-bondong untuk memiliki rumah di Jakarta. Sayangnya kota terbesar di Indonesia ini terkenal dengan kemacetannya yang membuat beberapa orang enggan tinggal di sana. Alternatif lain dari tinggal di Jakarta adalah dengan mencari rumah di lokasi yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Salah satunya adalah di Bekasi. Lokasi yang satu ini memang belum sepadat di Jakarta. Kamu pun masih bisa nememui rumah murah di Bekasi. Harga properti di Bekasi memang belum semahal di Jakarta. Tapi bisa saja dalam waktu beberapa tahun lagi harga properti di Bekasi akan semakin mahal.

Parameter yang Menjadikan Harga Rumah Murah atau Mahal

Mencari rumah memang bukanlah hal yang mudah. Ada banyak aspek yang perlu dipikirkan sebelum membeli rumah. Suatu rumah dikatakan murah atau mahal ditinjau dari beberapa aspek. Berikut adalah beberapa aspek yang dapat mempengaruhi harga jual rumah.

Lokasi

Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan ketika hendak membeli rumah. Terutam mengenai lokasi rumah tersebut. Semakin dekat dengan pusat kota biasanya harga rumah akan semakin mahal. Sedangkan rumah yang berada di pedesaan harganya akan jauh lebih murah. Jika di perkotaaan dengan harga dua ratus juta kamu hanya mendapatkan rumah tipe kecil dengan luas tanah yang sempit, maka di pedesaan dengan uang sebesar itu bisa membeli tanah yang sangat luas. Karena meski dengan rumah tipe kecil, jika rumah tersebut berada dekat kota akan mudah bagi orang untuk pergi ke pusat kota untuk memenuhi kebutuhan. Berbeda dengan berada di pedesaan yang membutuhkan waktu cukup lama untuk sampai ke kota. Itulah yang menjadikan daya jual sebuah rumah murah atau mahal.

Fasilitas

Selain mempertimbangkan mengenai lokasi, fasilitas juga menjadi daya tarik bagi para pencari rumah. Bagi orang yang memiliki anak-anak akan berusaha mencari tempat tinggal yang dekat dengan fasilitas pendidikan. Tak hanya itu adanya fasilitas kesehatan juga menjadi pertimbangan orang-orang dalam mencari rumah. Semakin dekat suatu rumah dengan fasilitas umum maka daya jual rumah tersebut akan semakin mahal.

Luas Tanah dan Bangunan

Rumah yang memiliki tanah dan bagunan yang luas tentu saja akan mempengaruhi harga jual. Meski jika rumah tersebut tidak berada di dekat perkotaan biasanya memiliki harga yang lebih murah.

Desain Bangunan dan Interior

Desain interior rumah selain mempercantik rumah itu sendiri ternyata dapat membuat harga jual rumah menjadi lebih mahal. Rumah dengan desain yang rumit dan menarik akan membuat nilai jual yang lebih tinggi dibanding rumah dengan desain interior yang biasa saja.

Material Bahan yang Digunakan

Rumah yang dibangun dengan kokoh dan rumah yang dibangun asal jadi tentu saja akan memiliki nilai jual yang berbeda. Tentu saja ini dikarenakan rumah yang dibangun dengan material yang bagus membutuhkan modal lebih besar saat membangun. Sehingga memiliki harga jual yang lebih tinggi ketimbang rumah dengan material yang biasa.

Lingkungan

Siapa pun pasti ingin memiliki rumah dengan tetangga yang nyaman dan kondisi lingkungan yang kondusif. Rumah yang memiliki lingkungan tidak aman akan ditinggalkan oleh pembeli dan menjadikan rumah tersebut dijual murah karena pemiliknya tidak lagi ingin tinggal di sana. Itu lah mengapa sangat penting meninjau ulang kondisi sekitar rumah dengan bertanya dengan orang-orang yang tinggal di sana.

Jika sedang mencari rumah, coba lah memikirkan beberapa aspek di atas sebelum memutuskan membeli rumah. Dan pastikan untuk memeriksa berkas-berkas rumah tersebut. Pastikan semuanya asli dan tidak ada sengketa di dalamnya.