Rabu, 27 April 2016

Suatu Saat, Orang Lebih Nyaman Beli Laptop Online

Di zaman ini apa-apa serba online loh. Mungkin yang terlihat banget adalah beli baju dan aksesoris secara online. Karena memang baju itu terkadang modelnya susah dicari di toko terdekat. Dan tentu saja jika seperti ini, apalagi cewek, maka akan lebih suka belanja baju online. Begitu juga aksesoris, terlebih aksesoris ponsel. Saya masih ingat istri saya beli ponsel merk Huawei, cari flip case nya di toko ponsel susah banget nemu yang pas dengan model ponsel istri saya. Akhirnya, ujung-ujungnya belinya online juga.

Begitu juga dengan laptop. Mungkin saat ini orang yang melihat-lihat laptop di toko online hanya untuk mencari model terbaru untuk dijadikan referensi saja. Ujung-ujungnya beli di toko offline terdekat. Saya juga masih melakukan hal yang sama untuk perkara laptop. Waktu itu pun, saya juga mencari harga laptop asus terbaru untuk model X45U di internet. Saya mencari harga laptop ASUS tersebut sih emang karena ada saudara saya yang mau jual laptop bekasnya ke saya. Tentu saja saya ga mau rugi, jadi harus tahu pasarannya dulu.

Namun, suatu saat, zaman akan berganti. Orang-orang akan lebih suka belanja online walaupun masalah laptop. Hal ini disebabkan karena banyaknya toko online yang memberikan banyak promo untuk pembelian barang tertentu. Yang paling menyenangkan adalah promo gratis ongkos kirim. Mungkin untuk beli barang yang ringan ongkos kirim tidaklah seberapa kerasa, namun untuk ukuran laptop yang beratnya jika dijumlah dengan pemaketannya tersebut, bisa-bisa sampai 5 kg. Apalagi jika jarak pengiriman jauh. Promo ongkos kirim lumayan efektif untuk menarik pembeli.

ASUS A455LF-WX051D

Selain itu, biasanya promo diskon hingga 36%. Seperti halnya Matahari Mall yang memberikan diskon hingga 36% untuk pembelian laptop ASUS seri A455LF-WX051D. Kan lumayan banget tuh dari harga 8,7 juta jadi cuma 5,6 juga. Hemat banget kan? Aku yakin di toko offline ga ada yang berani ngasih diskon 36%, apalagi untuk barang elektronik.

Apalagi nih yah, ada beberapa faktor mengapa orang lebih nyaman beli laptop online. Yang pertama adalah, ketika kita beli laptop di toko laptop offline, biasanya ada keterbatasan stok dan model. Kamu hanya disuguhi model itu-itu saja. Untuk model fix yang kamu inginkan, sangat kecil kemungkinan ada. Sangat berbeda dengan toko online, kamu bisa cari model macam-macam. Kalau tidak ada, tinggal buka new tab, dan ketikkan model laptop kamu di Google, lalu akan muncul banyak hasilnya.

Yang kedua, biasanya di toko offline harga laptop sudah lebih mahal dari harga online. Saya beberapa kali beli ponsel, harga di online jauh lebih murah. Apalagi kalau kita bisa dapat toko online yang dia adalah distributor resmi, pasti harganya jauh lebih murah dan terpercaya.

Dua faktor itu cukup lah membuat orang akan lebih melirik untuk beli laptop secara online. Dan apalagi saat ini sudah banyak toko online besar terpercaya seperti Matahari Mall salah satunya. Itu sih pemikiranku mengenai tren beli laptop mendatang.