Rabu, 18 Mei 2016

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi dengan Mudah

Membersihkan gigi memang hal yang terlihat sepele. Tapi ternyata menjaga kesehatan gigi sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu kesehatan gigi juga dapat mempengaruhi penampilan fisik. Salah satu masalah gigi yang paling sering diderita adalah plak gigi. Sebelum mengetahui cara menghilangkan plak pada gigi ada baiknya mengetahui penyebab munculnya plak gigi.

Gigi Palsu

Plak pada gigi awal mulanya dikarenakan sisa makanan yang menempel pada gigi. Jika sisa makanan ini tidak segera dibersihkan maka semakin lama akan menempel pada gigi hingga akhirnya menjadi permanen. Plak pada gigi biasanya muncul pada bagian gigi yang sulit dibersihkan. Contohnya seperti pada permukaan gigi yang tidak rata pada gigi geraham atau pada gigi bagian belakang yang sulit dijangkau sikat gigi. Selain karena sisa makanan, plak pada gigi bisa muncul karena meminum minuman beralkohol dan juga merokok.

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi dengan Mudah

Plak pada gigi memang sulit untuk dihilangkan tapi bukan berarti tidak bisa dihilangkan sendiri. Ada beberapa cara alami untuk menghilangkan plak pada gigi. Berikut adalah cara menghilangkan plak pada gigi.

Menyikat Gigi Dengan Stroberi

Selain enak dimakan buah stroberi ternyata memiliki banyak manfaat untuk gigi kita. Kita bisa menggunakan stroberi untuk menyikat gigi yang memiliki plak secara teratur. Kandungan asam pada buah stroberi selain dapat mengikis plak juga dapat memutihkan gigi. Cara menyikat gigi dengan stroberi ini sangat mudah. Ambil satu buah stroberi, gosokan stroberi tersebut pada gigi secara merata selama satu menit. Lalu bilas gigi dengan air bersih.

Mengkonsumsi Apel

Apel dikenal memiliki tingkat anti oksidan yang tinggi. Tapi selain bagus bagi kulit, mengkonsumsi buah apel dapat mengurangi plak pada gigi. Dengan rutin mengkonsumsi apel dipercaya dapat mengurangi plak pada gigi. Tapi jangan lupa untuk berkumur setelah memakan apel karena kandungan asam pada apel tersebut juga dapat membuat lubang pada gigi.

Berkumur Setelah Makan

Seperti yang sebelumnya kita ketahui, penyebab plak pada gigi disebabkan oleh sisa makanan yang tidak segera dibersihkan. Ada baiknya setelah makan berkumur agar sisa makanan pada gigi dapat segera dihilangkan dan tidak berubah menjadi plak. Ini adalah salah satu cara mencegah plak pada gigi yang dapat kamu lakukan dengan rutin setiap hari.

Menggunakan Obat Kumur Gigi

Selain berkumur setelah makan, untuk hasil yang maksimal kamu dapat berkumur dengan menggunakan obat kumur yang dapat mengikis plak pada gigi. Kamu bisa menggunakan obat kumur gigi ini secara rutin setiap hari. Tapi jangan lupa untuk tidak berlebihan saat menggunakan obat kumur gigi ini. Hal ini dikarenakan pada pemakaian yang tidak sesuai takaran obat kumur dapat menyebabkan masalah lain pada mulut seperti bau mulut. Gunakan sesuai anjuran pada obat kumur tersebut agar hasil optimal.

Kurangi Makanan yang Mudah Menempel Pada Gigi

Memakan makanan yang mudah menempel pada gigi memang meningkatkan resiko terbentuknya plak ada gigi. Selain melakukan cara menghilangkan plak pada gigi ada baiknya kita juga mencegah terbentuknya plak pada gigi agar plak pada gigi lebih mudah dibersihkan. Mengurangi konsumsi makanan yang mudah menempel pada gigi akan sangat membantu dalam proses menghilangkan plak pada gigi.

Itulah beberapa cara menghilangkan plak pada gigi dengan mudah. Jangan lupa selalu menyikat gigi secara teratur setiap hari agar resiko pembentukan plak semakin kecil. Janngan lupa juga rutin memeriksakan gigi ke dokter. Jika cara menghilangkan plak pada gigi di atas masih belum membuahkan hasil, ada baiknya jika berkonsultasi ke dokter untuk perawatan lebih lanjut. Bisa jadi plak pada gigi tersebut tidak lagi bisa diatasi dengan cara alami, tetapi harus menggunakan cara yang lebih modern.