Kamis, 12 Mei 2016

Sikap Ini Harus Diterapkan untuk Kelangsungan Toko Online

Memiliki bisnis merupakan keinginan dari sebagian orang. Beberapa diantaranya sukses melakukan bisnis namun sebagian harus gulung tikar karena beberapa faktor yaitu karena faktor internal ataupun karena faktor eksternal. Faktor eksternal seperti harga bahan baku atau barang yang dijual menjadi mahal dan tidak terkendali sedangkan faktor internal salah satunya adalah sikap dari penjual. Tidak hanya bisnis yang dilakukan secara langsung namun juga berbisnis di toko online. Untuk mencegah gulung tikar atau bangkrut, Anda harus menerapkan sikap berikut.


Sikap percaya pada diri sendiri dan positive thinking harus diterapkan sejak awal. Hal tersebut dikarenakan segala sesuatu berasal kepercayaan terhadap kemampuan yang Anda miliki dan berdasarkan pada cara kerja dari pikiran Anda. Jika Anda sudah pesimis terhadap kemampuan yang Anda miliki, maka pemasaran untuk bisnis atau ketika Anda menjual produk Anda menjadi tidak maksimal. Anda dapat meyakinkan diri dengan berfikir yang positif dan menyampingkan pikiran negatif yang muncul.

Pantang menyerah adalah sikap seharusnya yang harus dilakukan agar toko online Anda tetap berlangsung. Tidak sedikit bisnis termasuk dalam online shop yang mengalami masalah bahkan hingga membuatnya hampir bangkrut namun sikap pantang menyerah dan tetap mencoba merupakan kunci utama kebangkitan dari bisnis Anda. Dengan sikap tersebut, tidak hanya membuat bisnis berjalan kembali, namun juga menjadikan Anda pribadi yang lebih baik dan tangguh sehingga dapat menjadi pembelajaran jika terjadi hal atau masalah yang sama pada bisnis Anda di kemudian hari.

Sabar adalah kunci setiap kegiatan yang dilakukan terutama dalam bisnis. Dengan sikap yang sabar, Anda dapat membangun bisnis dan online shop Anda sedikit demi sedikit. Hal yang harus Anda pahami adalah tidak ada sesuatu yang instan untuk mencapai sesuatu hal yang diinginkan. Kalaupun Anda, kesuksesan tersebut kemungkinan tidak akan bertahan lama. Ketika Anda membangun bisnis yang Anda miliki dengan sabar, Anda tidak hanya mendapatkan pengalaman namun juga pembelajaran untuk menangani bisnis.

Sikap lainnya yang harus diterapkan dalam kelangsungan toko online yaitu:

  1. Jujur karena setiap bisnis yang dilakukan harus dilandasi dengan sikap jujur sehingga konsumen atau pembeli akan percaya kepada Anda dan kepercayaan dari pembeli dapat membuat bisnis Anda menjadi besar.
  2. Bijaksana dalam memutuskan sesuatu hal dan berani dalam menghadapi resiko. Mampu berfikir secara jernih, positif namun tidak menyampingkan resiko nyata yang akan dihadapi. 
  3. Kreatif dalam bertindak dan berfikir. Jika Anda tidak mampu untuk berfikir secara kreatif atau ‘out of the box’ akan membuat online shop Anda menjadi membosankan, terkesan jadul padahal keinginan konsumen dapat berubah seiring perkembangan jaman.
  4. Jangan lupa untuk bekerja keras dan berdoa kepada Tuhan. 

Sumber gaya hidup terkini.