Kamis, 12 Mei 2016

Perkembangan Jaringan Internet di Tanah Air

Internet saat ini telah menjadi satu kebutuhan penting kebanyakan orang. Apapun lapisan golongannya, baik tua ataupun muda, baik pekerja, pengusaha ataupun pebisnis hampir dikatakan pasti membutuhkannya. Pada era yang semua sudah serba canggih dengan berbagai macam teknologi terbaru yang ciamik menuntut masyarakatnya juga untuk dapat berkembang mengikuti kecanggihan teknologi. Di Indonesia pun demikian, saat ini masyarakat Indonesia sulit untuk dilepaskan dari internet. Berbagai macam kebutuhan dilalui dengan berinternet. Tak heran jika memang jaringan internet di Indonesia sendiri juga semakin kesini semakin berkembang secara signifikan. Apalagi para pengguna aktif internet selalu menginginkan jaringan internet terbaik yang bebas lemot untuk memenuhi kebutuhan berinternet.


Nah, apakah anda mengetahui dahulu sebelum adanyanya jaringan internet yang canggih dan juga jaringan internet terbaik di Indonesia, perlu melalui berbagai tahap dulu. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini perkembangan jaringan internet di Indonesia :

Dial-Up

Jaringan internet di Indonesia dulu sempat memakai koneksi dial-up yang memakai kabel dan kecepatan akses yang ditawarkan hanya 56 Kbps.

ADSL

Koneksi jaringan internet Asymetric Digital Subcriber Line atau ADSL merupakan sebuah teknologi jaringan internet yang lebih baru lagi dan gerak di 34 kHz sampai dengan 1.104 kHz.

GPRS

Usai munculnya ADSL, jaringan internet di Indonesia terus diperbarui lagi dengan hadirnya GPRS atau General Packet Radio Service. Jaringan internet yang satu ini mempunyai kemampuan yang lebih canggih dalam mengkomunikasikan data. Kecepatan yang ditawarkan bisa mencapai 115 Kbps.

3G

Perkembangan jaringan teknologi diperbarui lagi dengan adanya teknologi jaringan generasi ketiga alias 3G. Besar kecepatan yang ditawarkan pada jaringan 3G sudah mulai mumpuni, yaitu bisa mencapai 2 Mbps. Jaringan 3G sampai dengan saat ini masih menjadi jaringan yang cakupannya sangat luas pada wilayah di Indonesia.

HSDPA

Jaringan 3G mengalami perkembangan yakni dengan adanya HSDPA atau High Speed Packet Access. Ini merupakan perkembangan 3G dengan gelombang pertama R99 atau Release 99. Jadi, HSDPA bisa untuk berjalan dengan kecepatan akses internet yang tinggi. Kecepatan akses internat pada jaringan HSDPA bisa mencapai 7.2 Mbps.

4G LTE

Nah, inilah teknologi jaringan terbaru yang hadir dengan berbagai kelebihan dan sudah bisa disebut sebagai jaringan terbaik. 4G atau teknologi jaringan generasi keempat ialah jaringan internet paling anyar untuk koneksi internet mobile. Kecepatan yang ditawarkan luar biasa, yaitu 72 Mbps. Salah satu operator seluler yang telah memberikan dukungan dalam perkembangan jaringan 4G di Indonesia adalah Indosat Ooredoo, dimana Indosat Ooredoo terus memperbarui pelayanan dalam menyuguhkan jaringan cepat ini. Ditambah lagi juga dengan terus memperluas cakupan wilayah di Indonesia karena memang tidak semua wilayah di Indonesia bisa terjangkau jaringan 4G LTE.

Semoga bermanfaat!