Minggu, 12 Juni 2016

Gejala Gejala Kolesterol Yang Wajib Diwaspadai

Kolesterol merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat ataupun karena adanya faktor genetic yang menyebabkan seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Kadar kolesterol yang menyebabkan adalah kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Kolesterol jahat membuat tubuh menjadi tidak sehat dan banyak menimbulkan berbagai macam penyakit. Perhatikan gejala gejala kolesterol yang perlu anda ketahui sehingga bisa mewaspadai jika menyerang tubuh anda. Jika anda telah merasakan gejala berikut ini, segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Gejala kolesterol yang wajib anda tahu
Gejala gejala kolesterol yang wajib anda perhatikan pertama kali adalah adanya nyeri kaki atau yang sering disebut dengan kaludiskasino. Gejala ini berupa nyeri pada bagian ujung kaki atau kurang nyaman pada kaki. Hal ini menyebabkan kaki menjadi teras berat atau mudah lelah saat digunakan. Ras sakit ini bisa menyebar hingga keseluruh kaki, betis, bokong dan paha. Gejala seperti ini bisa hilang jika anda melakukan kegiatan berjalan atau gerakan tertentu. Namun akan kembali timbul setelah waktu yang cukup lama.
Selain itu, gejala gejala kolesterol yang patut diwaspadai adalah kram di malam hari terutama saat sedang tidur. Jika anda sering mengalami kram saat tidur, anda perlu segera mengechek kadar kolesterol anda. Umumnya kaki terasa sakit pada bagian ujung jari kaki hingga kaki bagian bawah. Rasa sakit ini juga bisa hilang saat kaki digantung ke atas atau posisi badan lebih tinggi dibandingkan dengan badan. Cara mudahnya adalah angkat kaki anda lebih tinggi dari posisi badan anda sehingga kram akan hilang dan kaki menjadi lebih enak kembali.
Gejala gejala kolesterol yang paling mencolok adalah perubahan pada warna kuku. Gejala perubahan fisik akibat kolesterol yang paling nampak adalah warna kuku yang berubah. Kuku yang tidak mendapatkan asupan darah akan memiliki warna yang pucat. Kolesterol membuat penyumbatan darah sehingga membuat sirkulasi dalam darah menjadi tidak lacar sehingga membuat kuku semakin menebal atau tumbuhnya kuku menjadi lebih lambat walupun telah di potong.
Gejala gejala kolesterol yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah adanya perubahan warna kulit. Perubahan fisik seperti ini sangat penting untuk diperhatikan karena memang menunjukkan bahwa adanya perubahan pada warna kulit. Penderita yang mengalami kolesterol akan memiliki perubahan warna kulit. Perubahan warna kulit ini bisa lebih gelap. Hal ini bisa ditandai dengan mudah dengan cara menggantung atau mengangkat kaki diatas bangku atau meja sehingga terlihat adanya perubahan pada warna kulit tubuh. Jika anda mengalami berbagai gejala seperti yang telah dipaparkan, sebaiknya segera ke dokter atau mengechek kadar kolesterol anda. Pasalnya jika tidak segera diatasi, kolesterol dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya.
Lalu Apakah Tips-Tips Menurunkan Kolesterol Alami Dengan Cepat?
Kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang berbagai usia saat ini. Pola hidup yang kurang sehat dan mengkonsumsi makanan yang asal-asalan merupakan salah satu penyebab terjadinya kolesterol yang tinggi. Untuk mengatasi penyakit yang satu ini sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda dapatkan, salah satu cara untuk menurunkan kolesterol yang ada pada tubuh adalah dengan menurunkan kolesterol alami. Berikut ini beberapa cara cepat menurunkan kolesterol.
Empat langkah tepat menurunkan kolesterol alami
Jika anda ingin menurunkan kolesterol dengan cepat, langkah-langkah berikut ini adalah langkah-langkah yang tepat untuk anda lakukan. Cara pertama untuk menurunkan kolesterol alami adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga memang merupakan salah satu kebutuhan yang memang harus dilakukan untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Melakukan olahraga secara rutin tentunya akan memberikan anda dampak yang sangat bagus bagi kesehatan. Lakukan saja olahraga ringan seperti jogging yang rutin setiap hari maka kadar kolesterol pada tubuh pun akan menurun.
Cara untuk menurunkan kolesterol yang kedua yang bisa sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh adalah dengan memperhatikan apa yang anda konsumsi. Tentunya ini sangatlah penting karena dengan memperhatikan dengan betul setiap makanan yang anda konsumsi pastinya akan langsung berpengaruh pada tubuh. Salah satu makanan yang harus anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol alami adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung filosterol dan serat seperti anggur, apel, pisang, sayur buncis, brokoli, kembang kol, melon, apel dan beberapa buah-buahan dan sayuran lainnya. Kandungan ini berfungsi untuk mempercepat penyerapan kolesterol pada usus.
Tak hanya itu saja, langkah ketiga yang mampu dengan cepat menurunkan kolesterol alami adalah dengan mengkonsumsi makanan nabati. Jika ingin segera menurunkan kolesterol dengan cepat berarti anda harus mengubah pola makan anda untuk lebih mengkonsumsi makanan yang lebih sehat. Mengkonsumsi makanan nabati dan jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tentunya menjadi makanan yang harus anda konsumsi. Makanan dengan kandungan nabati antara lain seperti sayuran, buah-buahan dan juga biji-bijian.
Cara cepat untuk menurunkan kolesterol secara alami juga bisa anda dapatkan dengan mengurangi atau tidak mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung kandungan yang mampu meningkatkan kolesterol. Misalnya makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging, goreng-gorengan, susu berlemak tinggi, gajih sapi, kuning telur, keju dan beberapa makanan lainnya. Dengan memperhatikan apa saja yang harus dan yang menjadi pantangan untuk dikonsumsi tentunya anda bisa dengan mudah untuk menurunkan kolesterol alami. Jadi, dengan langkah mudah menurunkan kolesterol secara alami ini pastinya anda bisa segera mendapatkan kondisi yang sehat dan kolesterol pada tubuhpun akan berada pada kadar yang wajar. dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.