Selasa, 11 Oktober 2016

Peluang Usaha di Bidang Pertanian yang Menguntungkan

Usaha pertanian dianggap sebagai salah satu lapangan bisnis yang tidak menarik oleh banyak orang. Hal tersebut tidak lepas dari jenis lapangan pekerjaan yang ada di bidang pertanian. Atau, karena sebagian besar petani akan bergelut dengan lumpur dan sawah sehingga pandangan tersebut menyebabkan banyak pewaris bangsa ini yang cenderung lebih memilih bekerja di kantor-kantor. Padahal, peluang usaha di bidang pertanian sangat terbuka, bahkan jauh lebih besar dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Alasan mengapa usaha dibidang pertanian sangat menjanjikan adalah karena, semakin sedikit jumlah petani di Indonesia, dan sebaliknya, jumlah penduduk yang membutuhkan bahan pangan (hasil pertanian) semakin banyak.

Sebenarnya, untuk bisa berbisnis di bidang pertanian, kita tidak harus terjun menjadi seorang petani. Ada beberapa peluang bisnis dalam bidang ini yang sebaiknya kamu pertimbangkan. Diantaranya adalah:

Menjadi investor

Menjadi investor atau sebagai penyedia modal bagi para petani bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan mengingat saat ini banyak petani yang kekurangan modal atau membutuhkan modal segar. Selain berinvestasi dengan memberikan modal langsung, kamu sebagai investor juga bisa berinvestasi dengan menyediakan bibit, mengimpor alat pertanian yang modern dan canggih, dan lain-lain.

Menjual pupuk dan berbagai perlengkapan pertanian

Ada banyak hal yang dibutuhkan oleh petani mulai dari pupuk, peralatan pertanian, obat-obatan terutama untuk membasmi hama dan lain-lain. Itu adalah peluang usaha yang sebaiknya kamu tangkap jika tidak ingin langsung terjun dalam bidang pertanian sebagai seorang petani yang membajak sawah.

Menjadi petani hidroponik

Tinggal di kota-kota besar yang lahan pertaniannya sangat terbatas seharusnya bisa menjadi peluang bagi kamu yang memiliki kemampuan (skill) atau bakat dibidang pertanian dan tahu bagaimana caranya menanam berbagai tanaman dengan metode hidroponik. Jika dibandingkan dengan metode pertanian konvensional, metode hidroponik sudah pasti jauh lebih sedikit membutuhkan tempat dan biaya. Selain itu, metode ini juga akan memungkinkan kita bekerja di perkotaan yang notabenenya memiliki lahan sangat sempit.

Menjadi distributor hasil pertanian

Saat ini, masih banyak petani tidak menjual langsung hasil pertanian mereka ke pasar. Sehingga akan menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan Jika kamu bisa mendekati petani dan membeli langsung hasil pertanian dari mereka untuk dijual kembali di pasar sebagai distributor.

Kelapa sawit

Usaha pertanian kelapa sawit sudah pasti sangat menjanjikan. Terutama bagi kamu yang tinggal di luar daerah seperti di Kalimantan atau di Sumatera. Kedua daerah tersebut memiliki lahan yang cukup luas sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat membuka ladang kelapa sawit. Namun, usaha pertanian yang satu ini memang membutuhkan modal besar di awal terutama untuk menggarap lahan dan untuk perawatan hingga kelapa sawit mulai berbuah dan menghasilkan.

Itulah beberapa peluang usaha di bidang pertanian yang bisa kamu coba untuk ditangkap sebagai peluang bisnis menjanjikan di Indonesia. Tentunya masih ada banyak peluang bisnis di bidang pertanian lainnya yang menjanjikan seperti; menjadi petani rempah-rempah, menjadi petani tanaman hias, dan termasuk juga menjadi peternak ikan air tawar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar