Minggu, 20 November 2016

7 Persiapan Penting Sebelum Berangkat Umroh



Bagi umat Islam, umrah adalah ibadah besar yang sangat dianjurkan setelah ibadah haji. Bagi Anda yang berencana atau sudah memiliki niat untuk pergi umroh, setidaknya ada beberapa persiapan penting yang harus dilakukan agar ibadah yang Anda kerjakan nanti tidak salah, bisa memberi kesan yang baik, hingga, lancar tanpa kendala. Diantara persiapan-persiapan tersebut adalah:

 

Meluruskan niat

Ibadah apapun yang kita lakukan, harus didasarkan dengan niat karena Allah. Jadi sebelum berangkat ke tanah suci, pastikan Anda memperbaiki niat terutama jika masih belum berniat beribadah “karena Allah.”

 

Memilih travel agent yang terpercaya

Ada banyak pengalaman saudara-saudara kita yang kadang salah dalam memilih travel agent sehingga berakhir dengan kekecewaan. Agar hal tersebut tidak terulang, cobalah lebih selektif dalam memilih travel agent yang benar-benar terpercaya seperti travel umroh Jakarta contohnya.

 

Pelajari berbagai ilmu dan pengetahuan seputar umroh

Hal penting lainnya yang harus di persiapkan adalah, mempelajari manasik haji dan membekali diri dengan berbagi pengetahuan seputar tata cara serta peraturan-peraturan saat beribadah umroh. Selain itu, mungkin Anda juga perlu untuk menambah hafalan doa-doa atau ayat-ayat Al Quran. Karena doa dan membaca ayat Al Quran di tanah suci Mekah sudah pasti akan mendapat ganjaran berkali-kali lipat.

 

Melatih fisik

Ibadah Umroh adalah ibadah selain haji yang menuntut fisik sehingga perlu untuk dipersiapkan. Karena melakukan ibadah selama sekian hari di tanah suci Mekah pasti menuntut tenaga dan mental yang lebih besar dibandingkan dengan ibadah yang kita lakukan sehari-hari di tanah air.

Jadi, mulailah memilih makanan-makanan yang sehat untuk dikonsumsi, biasakan diri berlatih lari-lari kecil, periksa kondisi kesehatan ke dokter, serta penuhi kebutuhan vitamin harian. Semua itu adalah cara untuk meningkatkan kesehatan dan stamina.

 

Buatlah list barang-barang yang akan dibawa

Saat akan bepergian, kadangkala kita melupakan benda-benda penting yang seharusnya dibawa. Agar hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya Anda mulai membuat list mengenai benda atau barang apa saja yang akan Anda bawa ke tanah suci Mekah seperti pasport, smartphone, dan charger-nya, pakaian ihram, dan lain-lain.

Agar list yang Anda miliki lebih lengkap, jangan ragu-ragu untuk menanyakan persiapan apa saja yang perlu dilakukan kepada keluarga, teman, atau kerabat yang sudah pernah pergi ke tanah suci Mekah untuk beribadah umrah atau haji.

 

Lunasi hutang dan kembalikan barang titipan

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita nanti atau esok hari. Oleh sebab itu, agar beban pikiran lebih ringan dan agar ibadah yang Anda lakukan lebih mantap. Jika memungkinkan, cobalah untuk melunasi hutang-hutang dan kembalikan barang-barang titipan kepada pemiliknya.

 

Banyak-banyak berdoa dan bertaubat

Sebelum berangkat, banyak-banyaklah berdoa agar segala sesuatunya dimudahkan oleh Allah, dan agar selama menjalankan umrah, semuanya lancar tanpa ada kendala. Selain banyak berdoa, memperbanyak juga sholat taubat. Ini adalah salah satu ibadah yang dianjurkan sebelum berangkat umroh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar