Senin, 28 November 2016

Aturan dan Tips Mudah Menerbangkan Drone Bagi Para Pemula

Drone merupakan salah satu jenis pesawat kecil yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat karena dapat membantu dalam segala hal. Pesawat drone saat ini lebih dikenal sebagai pesawat yang digunakan dalam dunia fotograger. Namun tahukah Anda, dalam menerbangkan drone tidak boleh sebarangan. Walaupun termasuk pesawat kecil dan hanya sering digunakan dalam dunia fotografer, namun ada aturan tersendiri dalam menerbangkan pesawat drone. Nah, dalam kesempatan kali ini, penulis akan memberikan penjelasan mengenai aturan dan bagaimana cara mengoperasikan drone bagi para pemula.


Aturan di Indonesia Dalam Menerbangkan Drone

Dalam menerbangkan drone tidak boleh dilakukan sebarangan, hal ini dikarenakan pemerintah Indonesia sudah memberikan rambu-rambu dalam menerbangkan pesawat drone. Peraturan menerbangkan pesawat tanpa awak atau drone ini diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 mengenai Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak. PM ini disahkan pada bulan Mei tahun 2015 yang lalu. Dengan adanya aturan ini, maka secara resmi dalam menerbangkan pesawat drone harus mengikuti peraturan yang sudah berlaku.
Adapun aturan menerbangkan drone sesuai dengan aturan menteri ini yaitu:

  1. Pesawat drone tidak diperbolehkan untuk diterbangkan pada area udara terlarang, area udara terbatas, dan zona keselamatan penerbangan dalam suatu bandara.
  2. Pesawat drone dilarang untuk terbang diruang udara ATC atau Air Traffic Control dan tidak boleh terbang pada area non ATC dengan ketinggian lebih dari 150 meter.
  3. Pesawat drone hanya diperbolehkan untuk beroperasi dengan tinggi kurang dari 150 meter dan jika ingin beroperasi pada ketinggian lebih dari 150 meter harus mendapatkan izin dan Dirjen Perhubungan Udara. Izin ini harus didapatkan paling lambat 14 hari sebelum drone diterbangkan dengan ketinggian lebih dari 150 meter.
  4. Pesawat drone yang akan digunakan untuk kepentingan pengambilan gambar ataupun pemetaan, maka operator drone harus mendapatkan surat izin dari Pemerintah Daerah dan instusi berwenang dari wilayah yang akan dijadikan objek pengambilan gambar ataupun yang akan dipetakan.
  5. Pesawat drone yang digunakan untuk kepentingan pemerintah, maka drone secara otomatis diberikan izin untuk dioperasikan.
  6. Jika jadwal penerbangan pesawat drone berubah, maka operator atau lembaga yang akan menerbangkan harus melaporkannya kepada Kemenhub paling lambat 7 hari sebelum drone dioperasikan. Pembatalan penerbangan pesawat drone juga harus dilaporkan kepada kemenhub.

Dengan adanya aturan ini, siapa saja yang menerbangkan drone dan melanggar aturan ini akan diberikan hukuman sesuai dengan UU No 1 Tahun 2009 mengenai penerbangan. Aturan ini harus dipahami oleh Anda yang akan menerbangkan pesawat drone. Hal ini dikarenakan pelanggaran aturan bisa membuat operator drone terjerat kasus hukum dan dapat membahayakan keselamatan transportasi udara.

Tips Menerbangkan Drone Bagi Para Pemula

Untuk menerbangkan drone ini memang tidak bisa dilakukan oleh sebarangan orang. Walaupun terlihat mudah, namun Anda perlu memahami bagaimana cara menerbangkan pesawat drone ini agar tidak mengganggu kenyamanan dan keselamatan orang lain. Nah, berikut ini tips dalam menerbangkan pesawat drone untuk para pemula:

1. Membaca panduan terlebih dahulu

Setelah membeli drone hal yang pertaman harus dilakukan adalah membaca panduannya. Panduan drone ini biasanya ada pada kardus pembungkus drone. Para penerbang drone pemula harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja drone dari buku panduan yang diberikan. Setiap jenis drone mempunyai panduan yang berbeda, terutama dalam hal perawatan dan penggunaannya.

2. Pelajari cara mengendalikannya

Tidak hanya membaca buku panduannya saja, Anda juga perlu mempelajari cara mengendalikan drone. Untuk menerbangkan drone, langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan mempelajari cara mengendalikannya. Cara belajar mengendalikan drone ini bisa dimulai dengan mengenali remote control drone dan mengenali bagaimana karakteristik handling pada remot control. Setiap drone biasanya mempunyai karakteristik handling yang berbda-beda.

3. Siapkan suku cadang

Untuk para pemula yang baru pertama kali akan menerbangkan drone, maka harus menyiapkan terlebih dahulu suku cadang seperti baling-baling, pelindung baling-baling, dan baterai. Pada saat pertama kali belajar menerbangkan pesawat drone, banyak hal buruk yang mungkin terjadi. Jadi untuk menjaga keselamatan drone, Anda perlu membeli pelindung baling-baling dan baterai. Sehingga jika ada kejadian yang tidak diinginkan bisa cepat ditanggulangani.

4. Periksa terlebih dahulu sebelum digunakan

Sebelum menerbangkan drone, sebaiknya Anda cek keadaan pesawat drone terlebih dahulu. Periksalah semua komponen dalam drone dan pastikan masih dalam keadaan bagus. Dengan pemeriksaan pada awal sebelum digunakan, maka Anda bisa mendeteksi apakah drone masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

5. Terbangkan pada area yang tepat

Cara bermain drone untuk para pemula yang harus dipahami dan dilakukan adalah menerbangkan pesawat drone pada area yang tepat. Terbangkanlah drone sesuai dengan aturan yang ada di Indonesia. Selain itu, untuk pemula sangat disarankan untuk belajar menerbangkan pesawat drone ditempat yang luas dan sepi sehingga tidak mengganggu orang lain.

6. Arahkan remote control drone kebawah

Para pemula yang baru pertama kali menerbangkan drone sangat disarankan untuk mengarahkan remot kontrol keatas. Hal ini dilakukan agar Anda tidak merasa kaget ketika drone langsung terbang dengan gesit. Dengan kontrol ke bawah, maka drone akan terbang secara perlahan dan Anda bisa menyesuaikan ritme terbang dari drone.

7. Lakukan hover terlebih dahulu

Untuk para pemula yang ingin menerbangkan pesawat drone, maka perlu melakukan hover terlebih dahulu. Hover ini merupakan teknik melayang udara dengan rendah dan tidak melakukan manuver. Dengan melakukan hover terlebih dahulu, Anda bisa menyesuaikan dan menstabilkan drone dengan sistem. Selain itu, hal ini juga bisa membantu Anda dalam mengecek sistem yang ada pada drone milik Anda.

8. Perhatikan lama penerbangan

Sebelum menerbangkan drone, Anda juga perlu mengatur waktu penerbangan. Setiap drone mempunyai lama terbang yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan waktu lama penerbangan drone. Sangat disarankan untuk memasang timer agar drone tidak lepas kendali ketika waktu terbangnya sudah habis. Rata-rata drone murah biasanya hanya mampu terbang paling lama 10 menit.

9. Gunakan auto landing

Cara pengoperasian drone pada awalnya memang tidak mudah, terutama dalam hal landing. Untuk mengantisipasi hal yang buruk dan tidak diinginkan, maka Anda sangat disarankan untuk menggunakan fitur auto landing. Biasanya fitur ini ada pada setiap drone. Dengan menggunakan fitur ini, para pemula akan merasa terbantu pada saat menerbangkan pesawat drone pertama kali.

Menerbangkan drone untuk para pemula memang bukan hal yang mudah, namun dengan adanya tips dan panduan ini tentunya akan sangat membantu Anda dalam mengoperasikan drone. Pesawat tanpa awak drone ini memang bukan pesawat besar, namun untuk menerbangkannya dibutuhkan latihan khusus. Penerbang drone dengan jam terbang yang lebih tinggi tentunya akan lebih ahli dalam mengoperasikan drone. Jadi, bagi Anda para pemula yang ingin bisa mengoperasikan drone harus terus belajar dan memperbanyak jam terbang menggunakan drone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar