Minggu, 25 Desember 2016

Tips Menenangkan Diri Menghadapi Persalinan Pertama



Kadang-kadang, hidup terasa begitu menyenangkan, sehingga waktu terasa berlalu dengan sangat cepat. Sebaliknya, berada di ruang persalinan, membuat waktu terasa begitu lambat dan lama. Detik-detik yang kita lalui bahkan terasa begitu menyiksa hati. Menurut studi yang dilakukan oleh National Institute of Health, ditemukan bahwa, ibu yang pertama kali melahirkan merasakan waktu 2,6 jam lebih lambat dibandingkan dengan orang pada umumnya.

Agar waktu berada di ruang persalinan tidak begitu menegangkan dan bisa berlalu dengan lebih cepat, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh ibu hamil. Diantara persiapan kehamilan pertama tersebut adalah:

Belajar fokus dan melatih kekuatan

Ada banyak hal yang bisa bumil lakukan untuk melatih diri menahan rasa sakit dan berkonsentrasi. Diantaranya adalah latihan pernapasan atau melakukan berbagai bentuk meditasi yang bisa menenangkan.

Biasanya hal tersebut juga membantu memperkuat seluruh tubuh dan meningkatkan fleksibilitas serta stamina. Namun yang paling penting, hal tersebut bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks. Tubuh yang tegang biasanya menyebabkan proses persalinan lebih sulit dibandingkan dengan tubuh yang rileks.

Hindari segala sesuatu yang menyebabkan efek negatif 

 

Biasanya ada beberapa hal yang berkaitan dengan persalinan menyajikan gambar-gambar yang dramatis dan membuat kita takut. Kadang-kadang hal tersebut bisa mempengaruhi mental dan menyebabkan Anda tidak ingin melahirkan secara normal melainkan dengan metode bedah (melalui caesar)

Cobalah untuk menghindari berbagai hal negatif yang dapat membuat mental Anda turun seperti misalnya; berhentilah mem-follow jejaringan yang menampilkan gambar-gambar negatif tersebut, ubah saluran TV Anda jika kebetulan yang Anda tonton adalah kegiatan bersalin, atau dengan cara-cara yang lainnya.

Berbagai pikiran negatif yang menyebabkan rasa takut bisa disingkirkan dengan jalan-jalan, berenang, atau melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya seperti berbelanja untuk keperluan bayi maupun bersalin.

Belajar 

 

Semakin banyak yang Anda tahu, maka perasaan saat akan melalui proses persalinan untuk pertama kalinya akan semakin tenang. Belajar, terutama yang berkaitan dengan proses bersalin biasanya sangat bermanfaat untuk menjawab berbagai pertanyaan yang menyebabkan perasaan was-was, yang selama ini selalu menghantui.

Bersalinlah di profesional medis yang terpercaya 

 

Dukungan rasa aman juga bisa membantu mengurangi rasa gundah dan gelisah. Bersalin di tempat-tempat yang profesional seperti di rumah sakit atau rumah bersalin khusus yang memiliki fasilitas lengkap dan tenaga medis profesional dapat membantu memberikan rasa tenang. Karena kekhawatiran soal keselamatan menjadi berkurang.

Tentu saja masih ada banyak tips menghadapi persalinan lainnya yang perlu Anda ketahui. Namun untuk saat ini, beberapa tips diatas bisa Anda coba untuk membantu memberikan rasa tenang dalam menghadapi persalinan untuk pertama kalinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar