Jumat, 23 Desember 2016

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Pembersih Tangan?

Membersihkan tangan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan agar kuman yang ada di tangan tidak ikut masuk ke dalam perut. Jika kuman tersebut masuk ke tubuh manusia, maka dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit misalnya flu ataupun diare. Mencuci tangan dapat dilakukan dengan menggunakan gel pembersih tangan yang dapat berupa sabun ataupun menggunakan hand sanitizer misalnya kalau sedang berpergian dan susah menemukan sumber air.


Penggunaan sabun dan air lebih disarankan untuk dapat membunuh kuman yang ada di tangan karena lebih ringan dan tidak membuat tangan menjadi kering karena digunakan berulang kali. Namun, kapan saja waktu yang tepat untuk membersihkan tangan? Pertama adalah sebelum Anda makan. Kuman akan lebih mudah untuk masuk ke dalam tubuh lewat tangan yang Anda gunakan untuk menggenggam makanan yang akan Anda konsumsi. Pastikan jika Anda mencuci tangan terlebih dahulu terlebih sebelumnya Anda melakukan kegiatan tertentu misalnya kegiatan di luar ruangan.

Kedua adalah setelah Anda keluar dari kamar mandi baik karena BAB atau BAK. Kuman lebih banyak ada di toilet dan dapat saja menempel pada tangan Anda sehingga Anda harus membersihkan tangan terlebih dahulu setelah keluar dari toilet. Waktu yang tepat lainnya untuk mencuci tangan agar bersih yaitu:

  1. Bersalaman dengan penderita flu atau penyakit menular terlebih yang menggunakan media sentuhan.
  2. Sesudah makan.
  3. Sebelum merawat luka sehingga kuman yang ada di tangan Anda tidak membuat infeksi pada luka.

Salah satu jenis pembersih tangan yang dapat Anda gunakan adalah Hand sanitizer Antis yang berguna menghilangkan bakteri di tangan dan dapat dibawa kemana saja. Hand sanitizer tersebut dapat menjadi pilihan tepat untuk membunuh kuman pada tangan terlebih jika Anda tidak menemukan air dan sabun. Antis yang mengandung alkohol 70%, efektif untuk membunuh kuman. Dilengkapi dengan moisturizer, membuat tangan Anda tetap lembab dan tetap terlindungi hingga 2 jam. Anda dapat memilih jenis Antis yang sesuai dengan selera Anda. Terdapat 3 pilihan Antis yaitu jeruk nipis (gel dan cair), fresh clean (gel), timun (spray) yang dapat digunakan tanpa harus menggunakan air, tissue atau lap karena langsung kering.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar