Sabtu, 07 Januari 2017

Obat Alami untuk Menyembuhkan Sakit Tipes



Bunda, kalau ada anak kita atau anggota keluarga yang sakit, sebagai ibu, kita pasti merasa sangat gundah. Naluri alami keibuan kita akan membuat perasaan dan otak ini berpikir serta khawatir. Sampe-sampe sulit tidur dan kurang istirahat.

Sakit yang dialami oleh anak atau anggota keluarga yang lain tidak boleh dianggap remeh dan harus disikapi dengan serius.

Sudah banyak pengalaman, baik teman, tetangga, atau keluarga yang kadang-kadang menganggap remeh sebuah penyakit dan ujung-ujungnya berakibat penyesalan. Karena ternyata penyakit tersebut merenggut nyawa orang-orang yang kita sayangi.

Ketika menemukan anak sakit, apapun itu baik gatal, sakit ringan seperti flu atau batuk, hingga berbagai jenis sakit berat seperti cacar atau tipes, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membawa anak tersebut ke dokter untuk diperiksa.

Tidak perlu menunggu terlalu lama. Karena biasanya masyarakat kita cenderung lebih senang menunggu hingga beberapa hari sejak anaknya sakit sebelum dibawa ke dokter. Padahal, saat anak sakit, pada saat itulah kita harus membawanya untuk diperiksa.

Salah satu penyakit yang cukup mengkhawatirkan adalah sakit tipes. Ngomong-ngomong soal tipes, sebenarnya penyakit ini bisa diatasi dengan beberapa obat alternatif seperti cacing tanah, ada juga yang menggunakan cengkeh dan bawang putih.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai penyakit ini, terlebih dahulu kita harus mengetahui beberapa gejalanya. Gejala tipes pada anak diantaranya adalah:
  • Demam tinggi, biasanya suhu tubuh akan naik hingga 39 atau 40 derajat celcius.
  • Warna lidah atau permukaan lidah tampak memutih dan kotor.
  • Gejala lain yang biasanya muncul adalah perut mual, muntah, kembung, atau jika anak mengalami sakit perut seperti pada umumnya.
  • Sakit kepala
  • Dalam beberapa kasus sakit kepala bisa menyebabkan kejang dan penurunan kesadaran.
  • Pembesaran organ hati atau limpa.

Obat alami untuk sakit tipes

Obat alami yang pertama yang sering digunakan adalah cacing tanah. Namun tentu saja ada sebagian orang yang merasa jijik untuk mengkonsumsi langsung cacing tanah. Jika Anda merasa jijik, Anda bisa mencari obat yang terbuat dari cacing tanah untuk sakit tipes yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul.

Namun jika ingin membuat sendiri, terlebih dahulu Anda harus mencari cacing tanah biasanya yang berwarna merah di dekat pohon pisang. Carilah sekitar 10 ekor, kemudian bersihkan dan buang isi perutnya. Lalu rebus selama 10 menit. Setelah itu, dalam keadaan hangat, cacing tersebut bisa dikonsumsi sebagai obat.

Obat alternatif untuk tipes lainnya adalah cengkeh. Cara memanfaatkan cengkeh untuk mengobati sakit tipes adalah:

Sediakan terlebih dahulu 8 bulir cengkeh kemudian rebus dengan air sekitar 1 gelas. Biarkan rebusan tersebut mendidih hingga airnya sisa tinggal setengah. Setelah itu, dinginkan. Lalu minum air rebusan tersebut untuk satu hari.

Anda bisa membuat air rebusan cengkeh selama beberapa hari hingga merasa baikkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar