Minggu, 19 Februari 2017

Tips Memilih Apartemen di Bandung dan Surabaya



Dewasa ini, lahan pemukiman semakin sempit. Terutama yang ada di kota-kota besar seperti Surabaya atau Bandung. Sehingga, banyak orang mengambil alternatif lain dengan membeli hunian dan membangun di wilayah pinggir kota atau di luar kota.

Namun sayangnya, membangun rumah di pinggir kota atau di luar kota, selain menyebabkan jarak yang semakin jauh dari pusat kota, ternyata punya rumah jauh dari tempat kerja juga sering menyebabkan kita harus meluangkan lebih banyak waktu dalam menghindari macet.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan pengembang property banyak membangun tempat tinggal alternatif yang bisa memenuhi kebutuhan keluarga akan sebuah hunian yang ideal. Salah satu bentuknya adalah apartemen.

Bagi masyarakat Indonesia, apartemen belum terlalu banyak dilirik karena harganya yang lumayan mahal jika dibandingkan dengan kos-kosan.

Akan tetapi, apartemen memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan rumah kontrakan. Biasanya, apartemen jauh lebih murah, lebih mudah dirawat, dan lebih praktis.

Walau demikian, memilih apartemen juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan. Agar tidak salah memilih apartemen, beberapa tips berikut ini sebaiknya kamu perhatikan.


Lokasi


Pilihlah apartemen yang berlokasi di tempat strategis. Dekat dari tempat kerja, tidak berada berdiri di tempat-tempat yang rawan banjir, serta tidak jauh dari jalan yang dilalui oleh transportasi umum.

Memilih tempat yang strategis mutlak harus dijadikan sebagai pertimbangan karena saat ini di kota-kota besar seperti Bandung maupun Surabaya, sudah mulai sering mengalami kemacetan parah.


Harga


Harga sewa apartemen sangat bergantung pada lokasi, fasilitas, dan luas apartemen itu sendiri. Harga harus dipertimbangkan berdasarkan kebutuhan, budget, dan selera.

Jika tidak membutuhkan apartemen yang luas dan memiliki fasilitas lengkap, ada baiknya kamu memilih apartemen yang sederhana namun bisa memenuhi kebutuhanmu. Dengan begitu, kamu bisa menekan biaya sewa apartemen.

Khususnya fasilitas apartemen, jika kamu merasa tidak membutuhkannya, cari saja apartemen yang tidak terlalu banyak menawarkan fasilitas macam-macam. Sebaliknya, jika memang membutuhkan, kamu bisa memilih apartemen yang menyediakan fasilitas lengkap seperti tempat berolahraga, jogging track, kolam renang, dan lain-lain.


Lingkungan


Apartemen yang berada di tempat-tempat yang tenang, yang lingkungannya menyenangkan, tentu merupakan sebuah hunian yang ideal bagi siapapun.

Sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya lakukan survei terlebih dahulu. Cara paling sederhana untuk melakukan survei adalah dengan melihat lingkungan sekitar apartemen, dan jangan lupa untuk berinteraksi dengan penghuni apartemen agar bisa tahu lebih jauh dengan kondisi yang sebenarnya.

Itulah beberapa tips penting yang perlu kamu ingat sebelum memilih apartemen. Hal-hal lain yang juga sebaiknya tidak kamu lupa adalah: perhatikan pengeluaran-pengeluaran umum yang biasanya harus dikeluarkan seperti: biaya maintenance dan biaya keamanan. Perhatikan juga tempat parkir dan peraturannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar