Rabu, 08 Maret 2017

Membuat Sup Konro Ternyata Mudah di Rumah

Salah satu menu terbaik adalah sop konro yang merupakan masakan khas indonesia, lebih tepatnya bugis dan makasar, makanan ini berbahan dasarkan iga sapi serta kuah yang berbeda dari sup pada umumnya, walaupun sangat berbeda rasa yang di dapatkan pada makanan tersebut sangat enak dan lezat sekali. makanan yang satu ini biasanya akan lebih enak sambil di temani longtong yang sudah di potong – potong, dengan begitu akan membuat perut anda kenyang. Makanan yang satu ini tentunya sangat populer dan dapat di temukan di beberapa tempat kuliner di indonesia, berikut ini saya akan berikan cara untuk membuat sup tersebut dengan mudah dan bisa di buat di rumah.


Apabila anda berencana untuk membuat masakan untuk keluarga kenapa tidak mencoba membuat sup konro ini. selain enak, bahan yang di gunakan juga sangat mudah di dapatkan di warung atau super market terdekat. Nah untuk bahan yang di siapkan adalah iga sapi 500 gram, 5 siung bawang putih dan 8 siung bawang merah, air kaldu sekitar 1,5 liter. Satu buah kluwak yang sudah di rendam ke dalam air panas. ½ sendok teh merica bubuk dan jintan sangrai. 3 butih kemiri sangrai, 1 cm kunyit, 1 sendok teh ketumbar. Kelapa yang telah di haluskan 2 sendok makan. 3 buah kapulaga, 2 butir cengkeh. Daun bawang yang sudah di cingcang dan bawang goreng untuk taburan di makanan tersebut. 1,5 cm lengkuas dan jahe yang telah di geprek, 1 sendok makan gula jawa dan kayi manis 1,5 cm serta cabe rawit untuk sambal.

Selanjutnya tinggal ke cara pembuatan sup konro. Hal pertama harus anda lakukan adalah dengan membersihkan iga sapi hingga bersih dan rebus, setelah mendidih buang air rebusan tadi dan ganti dengan air yang baru, kemudian anda tinggal memasukkan cengkeh, kayu manis, lengkuas, kapulaga serta jahe. Selain itu ada bumbu yang harus di haluskan yaitu bawang putih dan bawang merah, merica, ketumbar, jintan, kunyit, kelapa sangrai, buah kluwak kemiri, setelah dihaluskan anda tinggal menumisnya hingga aromanya keluar. Setelah itu anda tinggal memasukkan bumbu yang telah di tumis tadi ke dalam panci yang berisi iga sapi serta menambahkan air gula jawa serta garam secukupnya. Apabila anda suka sambal anda bisa membuat sambalnya dengan menghaluskan cabe rawit yang telah di rebus. Apabila iga sapi yang telah di rebus sudah empuk maka angkat dan berikan taburan bawang goreng di atasnya. Nah makanan sup iga sapi atau konro sudah siap di sajikan untuk keluarga. Jika anda sedang tidak di rumah namun ingin merasakan sop konro ini bisa datang langsung ke tempat nongkrong favorit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar