Selasa, 07 Maret 2017

Rahasia Menjaga Anak Tetap Sehat



Punya anak yang sehat pasti menyenangkan. Apalagi kalau anak nggak gampang sakit walaupun mereka aktif bermain di luar rumah. Salah satu kunci menjaga anak agar tetap sehat adalah, mereka harus punya imun tubuh yang kuat.

Selama ini, kita percaya bahwa makanan bisa mempengaruhi imun tubuh. Walaupun sebenarnya, makanan saja tidak cukup. Ada banyak hal yang mempengaruhi imun tubuh selain makanan. Misalnya: lingkungan, kelancaran peredaran darah, mood, hingga aktivitas yang dilakukan, juga sangat berpengaruh.

Kalau Bunda ingin menjaga kesehatan anak, beberapa tips berikut ini sebaiknya diterapkan.


Biarkan anak bermain


Anak-anak punya imajinasi sendiri ketika melihat sesuatu. Misalnya, saat melihat sofa yang empuk, mereka secara otomatis akan suka berjingkat-jingkat dan loncat-loncat. Begitu juga saat berada di atas kasur, mereka pasti merasa seolah-olah itu adalah trampolin yang paling menyenangkan.

Sayangnya, banyak orang tua yang lebih menghawatirkan anaknya terjatuh atau propertinya rusak sehingga lebih sering melarang anaknya bermain dan bersenang-senang.

Anak-anak bisa tetap melakukan apa yang mereka sukai tanpa harus khawatir. Hanya dan jika orangtua mau terlibat dan mau bermain dengan mereka. Asyik kan?

Manfaatnya, apabila anak-anak senang dan gembira, imun tubuh mereka secara otomatis akan meningkat. Selain bisa membantu menaikan daya tahan tubuh anak, bermain bersama anak juga bisa menguatkan ikatan batin antara orang tua dan anak.


Selektif dalam memilih makanan


Ada banyak orang tua yang masih menganggap jika anaknya makan banyak nasi, maka itu baik untuk kesehatannya. Banyak orang tua yang menganggap bahwa anaknya yang gemuk sebagai pertanda bahwa anak tersebut sehat. Padahal, berapapun usia kita, jika kelebihan berat badan, maka resiko kesehatan yang ditanggung sama, antara anak-anak dan orang dewasa.

Berbagai penyakit yang mungkin muncul akibat kelebihan berat badan seperti: tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, stroke, dan lain-lain, juga bisa dialami oleh mereka yang masih berusia muda. Jadi bunda harus tetap waspada.

Memilih makanan yang diberikan kepada anak harus benar-benar dipilih sesuai dengan kebutuhan dan usia anak. Alasan utama kita wajib memilih makanan untuk anak adalah karena ukuran perut mereka yang masih sangat kecil sehingga hanya bisa menampung sedikit makanan.

Hanya memilih makanan padat gizi yang bisa membantu tumbuh kembang buah hati adalah yang paling tepat. Kurangi makanan-makanan yang miskin gizi dan rendah serat seperti nasi misalnya.

Nasi tetap harus diberikan, hanya saja jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak. Karena energi yang berasal dari nasi, bisa didapatkan juga dari makanan lainnya seperti buah maupun sayuran.

Selain mengurangi nasi dan menambah sayuran serta buah-buahan, Bunda juga harus menghindarkan anak terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis yang mengandung gula. Karena makanan-makanan tersebut sangat buruk bagi kesehatan anak yang ujung-ujungnya dapat menyebabkan mereka mengalami masalah kesehatan serius ketika dewasa nanti.

Selain 2 poin penting di atas, poin penting lainnya yang harus diperhatikan jika bunda ingin anak tetap sehat adalah:
  • Anak harus tidur teratur dan cukup.
  • Selalu cuci tangan sebelum makan.
  • Biasakan mencuci tangan setelah bermain.
  • Imunisasi anak jangan sampai dilewatkan.
  • Jaga kebersihan lingkungan terutama rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar