Kamis, 06 April 2017

Mengenal Apa Itu Bearing, Seals, dan Gasket

Bearing, seals dan gasket merupakan tiga komponen alat mekanik yang memiliki peran yang cukup penting pada berbagai komponen mesin atau berbagai macam instalasi. Keberadaan alat mekanik ini dapat Anda mudah temukan, banyak di jual gasket, bearing, dan seals di pasaran dengan berbagai jenis dan spesifikasi yang beragam yang tentunya memiliki kegunaan dan fungsi masing – masing.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikti berbagi mengenai apa itu bearing, seals, dan gasket. Berikut penjelasannya:

Bearing



Bearing atau bantalan merupakan salah satu alat mekanikal yang memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan antara dua komponen yang berputar maupun bergerak lurus atau mundur yang terdapat pada mesin yang saling bergerak bersentuhan satu sama lain. Jika gerakan anatara dua komponen itu tidak terdapat bearing makan akan menghambat laju gerakan sehingga dapat menimbulkan panas berlebih. Penghambatan gerakan gesekan pada komponen mesin jika terjadi secara terus menerus akan menyebabkan aus pada komponen tersebut. Adapun jenis - jenis bantalan atau bearing yaitu:

- Ball Bearing
- Rol Silinder Bearing
- Needle Roller Bearing
- Tapered Roller, dan
- Rol Bulat Bearing

Adapun fungsi dari bearing yaitu:

- Mengurangi gesekan pada komponen
- Memperkecil tingkat keausan pada komponen mesin
- Mengindari panas berlebih akibat gesekan
- Dengan bearing dapat dengan mudah mengontrol kecepatan mesin
- Menahan beban shaft

Seal Atau O – Ring Seal



Seal atau O-Ring seal merupakan komponenan alat mekanikal yang memiliki bentuk bulat cincin atau seperti karet gelangan. Seal atau o-ring ini merupakan alat mekanikal yang berkarterisik lunak karena terbuat dari bahan karet sintetik atau plastik. Ukuran seal sendiri bermacam - macam dari berdiameter 33 mm sampai 130,5 mm. Jenis seal terbagi menjadi dua yaitu dynamic seals dan static seals. Adapun fungsi dan kegunaan seals adalah:


- Mencegah terjadinya kebocoran
- Menjaga sistem pada komponen agar tidak ada kotoran yang masuk
- Memberikan batasan antar cairan
- Sebagai bantalan pada sebuah komponen agar cairan tidak mudah keluar

Gasket



Gasket merupakan salah satu jenis seal. Penggunaan gasket banyak digunakan pada komponen yang diam. Di beberapa keadaan gasket juga digunakan sebagai alat mekanikan penyambung flange pada sitem pemipaan maupun pada komoponen - komponen peralatan mesin.

Sama halnya dengan seal, gasket juga berfungsi untuk mencegah kebocoran. Banyak di jual gasket dengan berbagai ukuran dan jenis, setiap jenis yang di jual gasket memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda. Berdasarkan dari material pembentukannya gasket dibagi menjadi tiga bagian yaitu:


- Non Metallic
- Semi Metallic, dan
- Metallic

Harga jual gasket sendiri pun bermacam – macam tergantung dari jenis ukuran dan bahan yang digunakan pada gasket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar