Rabu, 21 Juni 2017

Mengontrol Berat Badan Selama Kehamilan




Momen hamil memang menjadi momen yang sangat indah bagi semua pasangan suami istri. Tidak heran jika suami istri mempersiapkan yang terbaik bagi si jabang bayi. Apalagi menjalani kehamilan tidak sama pada setiap wanita. Ada yang hamil dan dapat terus beraktifitas dengan baik, ada pula yang harus mengalami morning sickness parah hingga harus bedrest. Tentu semua itu tergantung pada hormon pada sang ibu. Sehingga kita tidak bisa memperlakukan tiap ibu hamil dengan perlakuan yang sama. Meski begitu, satu hal yang harus diperhatikan setiap ibu hamil, yaitu asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Setiap ibu hamil memang memiliki banyak sekali pantangan dalam makan. Entah itu yang berlaku khusus untuk beberapa ibu hamil atau pun yang berlaku bagi semua ibu hamil. Pastinya ibu hamil dilarang makan atau minum yang mengandung bahan pemanis buatan. Sehingga saat membeli makanan atau minuman harus betul-betul diperhatikan komposisinya.


Setiap ibu hamil sangat disarankan untuk makan makanan sehat, sehingga janin dan berkembang dengan optimal. Selain itu menjaga berat badan juga sangat disarankan. Berat badan berlebih pada ibu hamil dapat menimbulkan banyak masalah, begitu pula jika berat badan di bawah rata-rata. Sehingga berat badan pada ibu hamil harus tetap berada pada kenaikan badan yang normal. Untuk menjaga agar berat badan ibu hamil dapat tetap naik secara normal, ibu hamil disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut.

Mengkonsumsi Karbohidrat dengan Takaran yang Pas
Karbohidrat memang menjadi sumber utama energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktifitas. Tapi jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tentunya tidak baik bagi tubuh karena dapat menimbulkan timbunan lemak yang justru akan berbahaya bagi tubuh. Anggapan ibu hamil harus makan banyak sekali makan, sebenarnya adalah salah. Ibu hamil tetap makan dalam porsi normal, hanya saja frekuensinya dipersering. Dan juga asupan makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan. Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang melewati batas normal. Ibu hamil dapat mengatasinya dengan mengganti sumber karbohidrat dengan karbohidrat kompleks yang terkandung pada sereal gandum. Kamu dapat menemukan sereal untuk ibu hamil dari Lemonilo. Ada banyak pilihan sereal yang dapat kamu pilih.

Berolahraga Sesuai dengan Kemampuan
Hamil bukanlah halangan untuk dapat berolahraga. Meski tentu saja jenis olahraganya tidak bisa sembarangan. Ibu hamil dapat memilih olarahraga apa saja selama tidak membahayakan janin. Ingatlah untuk berolahraga sesuai dengan kemampuan tubuh, jangan memaksakan diri.


Mengurangi Konsumsi Gula
Kelebihan gula pada ibu hamil dapat menyebabkan janin tubuh menjadi terlalu besar. Sehingga selama kehamilan disarankan untuk tidak mengkonsumsi gula secara berlebihan. Selain dapat menyebabkan resiko diabetes, mengkonsumsi gula juga dapat menambah berat badan dan dikhawatirkan akan sulit mengontrol berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar