Kamis, 17 Agustus 2017

Jangan Asal Kasih Nama Anak

Dengan banyaknya nama yang sama di dunia ini, beberapa orang ingin menjadi anti-mainstream dengan memberikan nama yang aneh untuk anaknya. Oke lah jika memang ingin memberi nama anak yang unik, tapi jangan sampai membuatnya kesulitan di kemudian hari.


Nama Terlalu Unik, Jadi Musibah


Salah satu kasus yang pernah ada adalah anak yang mempunyai nama N. Ya, hanya satu huruf saja, N. Karena namanya yang sangat unik, N ini malah mendapat masalah saat akan mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dikira N ini bukan manusia, atau sekedar data salah input. Kan kasihan jika anak kita malah menderita karena ulang orang tua yang asal memberi nama tanpa memperhitungkan kira-kira masalah apa yang bakal muncul di kemudian hari ketika menggunakan nama tersebut.

Selain susah di bagian administrasi, N ini pasti tidak bisa daftar akun media sosial. Dia mau pakai nama apa coba? N saja? Tentu saja tidak bisa. Pasti dia menggunakan nama yang lebih panjang dari N yang notabene itu bukan nama aslinya.

Jangan Gunakan Nama Berkonotasi Negatif dan Berlebihan


Tak kalah anehnya dengan nama anak yang cuma N, di Indonesia ini memang kaya akan keunikan dan hal yang menakjubkan. Beberapa waktu yang lalu kita juga dikagetkan dengan orang yang bernama Saiton (artinya Setan) dan orang yang bernama Tuhan.

Entah apa yang dipikirkan oleh kedua orang tua Saiton dan Tuhan ini ketika memberikan nama anaknya. Apakah mereka tidak tahu arti dari kedua nama tersebut? Entahlah.

Menggunakan nama yang berkonotasi negatif bisa membuat pemilik nama tersebut menjadi bahan bullying di masyarakat. Tentu saja sebagai orang tua tidak mau ‘kan anaknya dijadikan objek bullying?

Sedangkan untuk orang yang menggunakan nama berlebihan seperti Tuhan ini, maka seakan-akan menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya. Sesuatu yang berlebihan itu asalnya tidak baik.

Tips Mencari Nama yang Baik


Bagi orang yang fanatik, biasanya akan mencari nama-nama di al-Qur’an. Namun, jangan sampai salah pilih yah. Di al-Qur’an banyak sekali kosa kata, jangan sampai salah pilih kata yang artinya jelek. Contohnya apa sih kata-kata yang artinya jelek? Misal nih nama Jahannam. Jangan pakai nama ini sebagai nama anakmu, karena arti Jahannam sendiri adalah salah satu nama Neraka.

Website untuk cek arti nama

Jika kamu ingin mencari nama yang baik, maka cek dulu arti dari nama yang akan kamu pakai di cekartinama.com. Misal pilih nama Muthmainnah yang ada di salah satu ayat al-Qur’an. Arti nama Muthmainnah sendiri adalah tenang/tentram. Tentu saja dengan memilih nama ini tujuannya agar anak kita menjadi anak yang tenang/tentram hidupnya. Mudah dan survive dalam menerima cobaan hidup.

Arti Nama Muthmainnah

Kamu bisa mencoba mencari nama-nama lainnya dan mengeceknya di cekartinama.com. Semoga tips mencari nama yang baik ini bermanfaat bagimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar