Kamis, 26 Oktober 2017

Tips Agar Obrolan Selalu Asik dan Nyambung



Ketika kita kedatangan tamu, baik itu tetangga atau orang yang sudah lama kita kenal, kita pengennya bisa ngobrol luwes dan nyaman. Begitu juga ketika kita bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru di suatu tempat, akan sangat menyenangkan apabila kita bisa mencairkan suasana dengan ngobrol asik dan nyambung. Bukan sebaliknya, lebih banyak diam atau canggung.

Kadang kita merasa iri ketika melihat teman atau orang-orang yang mampu menciptakan obrolan yang menyenangkan, bahkan ketika obrolan tersebut terjadi antara orang yang baru mereka kenal. Mereka terlihat supel dan enjoy serta bisa nyambung ketika diajak ngobrol soal apapun. Nah, kalau Anda tertarik untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, bisa ngobrol nyambung dengan siapa saja dengan topik apapun, berikut adalah beberapa tips menciptakan obrolan yang selalu nyambung dan menarik.

Ciptakan suasana yang menyenangkan 
Ketika ada tamu datang ke rumah, agar ngobrol makin asyik, kita bisa menciptakan suasana yang menyenangkan. Misalnya dengan menghidangkan makanan dan minuman favorit tamu. Atau dengan menghidangkan makanan dan favorit yang kekinian.

Cara membuat minuman dan makanan kekinian yang enak bisa Anda lihat resepnya di internet (sosmed, blog, web, atau YouTube). Dari hidangan, biasanya bisa tercipta obrolan panjang lebar yang seru dan menarik. Apalagi kalau kebetulan tamu Anda juga hobi kuliner dan masak, pasti bakalan jadi tambah seru.

Bicarakanlah tentang apa yang disukai oleh lawan bicara  
Ketika kita bertemu dengan teman lama atau orang-orang baru, kadang-kadang kita terpancing untuk show off kemampuan, pekerjaan, atau berbagai kelebihan kita. Padahal, salah satu kunci menciptakan obrolan yang asik dan menyenangkan adalah dengan membicarakan pekerjaan atau kegiatan lawan bicara. Misalnya, jika Anda kebetulan bertemu dengan tetangga di jalan, Anda bisa menanyakan kondisi usahanya saat ini. Misalnya, jika tetangga Anda adalah seorang petani, Anda bisa menanyakan bagaimana kondisi sawahnya saat ini? Apa yang sedang ditanamnya? Dan lain-lain.

Jadilah pendengar yang baik 
Setali tiga uang dengan poin sebelumnya (Bicarakanlah tentang apa yang disukai oleh lawan bicara), saat lawan bicara sedang menjelaskan atau sedang bercerita, sebisa mungkin berikan atensi, sesekali tataplah matanya untuk menyakinkan bahwa Anda memperhatikan apa yang mereka utarakan. Sebagai seorang pendengar yang baik Anda tidak harus bersabar, tidak sering memotong pembicaraan, menyela, apalagi mendebat.

Hindari kontak mata berlebihan
Kontak mata dalam sebuah obrolan sangat penting. Kontak mata bisa digunakan untuk meyakinkan lawan bicara bahwa Anda sedang memperhatikan atau sebaliknya, Anda sedang berbicara jujur. Namun, kontak mata yang terlalu panjang dan intens justru bisa menyebabkan lawan bicara jadi kikuk atau salah tingkah.

Jadilah orang yang punya selera humor tinggi
Saat suasana obrolan sedikit mencair dan tidak terlalu serius, jangan ragu-ragu untuk melemparkan candaan. Karena, orang dengan selera humor yang baik biasanya menyenangkan. Humor juga bisa dimanfaatkan untuk mencairkan suasana yang kaku.

Update pengetahuan Anda
Kalau Anda adalah seorang sarjana komputer, bukan berarti yang harus Anda obrolin cuma seputar komputer, software, game, atau gadget saja. Tapi Anda juga harus update dengan berbagai pengetahuan umum lainnya, mulai dari politik, kesehatan, olahraga, otomotif, hingga ekonomi. Dengan begitu, Anda pun bisa ngobrol asik dengan semua orang dari latar belakang dan profesi apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar