Rabu, 17 Januari 2018

4 Tanda-tanda Melahirkan

Selama mengandung kurang lebih sembilan bulan, tentunya para ibu akan harap-harap cemas menunggu waktu lahirnya si kecil. Berbagai persiapan perlengkapan bayi pun disiapkan agar ketika si kecil lahir semua perlengkapan sudah lengkap. Jangan lupa jika kehamilan sudah memasuki trimester akhir, persiapkan perlengkapan untuk dibawa saat hendak bersalin. Persiapkan semua kebutuhan pada satu tas agar mudah untuk dibawa.



Selagi menunggu si kecil lahir ke dunia, Bunda dapat mengenali tanda-tanda akan melahirkan. Bagi ibu baru yang belum berpengalaman terkadang terkecoh dengan tanda-tanda melahirkan yang sebenarnya bukan tanda melahirkan yang sebenarnya. Berikut ini adalah tanda-tanda akan melahirkan.

Tanda Tanda Melahirkan

Normalnya setiap ibu meski ibu yang baru pertama kali hamil sekali pun punya naluri untuk mengetahui kapan akan melahirkan. Meski begitu ada beberapa tanda melahirkan yang bukan tanda melahirkan melainkan hanya gerak bayi saja yang terasa cukup sakit bagi Bunda. Untuk itu kenali beberapa tanda melahirkan berikut agar Bunda tidak perlu khawatir.

Nyeri Pada Panggul dan Tulang Belakang

Hal pertama yang akan dirasakan oleh ibu hamil yang akan segera melahirkan adalah nyeri di area panggul dan tulang belakang. Nyeri ini disebabkan oleh gerakan janin yang mendorong ke bawah untuk segera lahir. Bunda dapat meredakan nyeri tersebut dengan meminta bantuan suami untuk mengusap sekitar punggung. Sentuhan dari suami akan sangat berguna untuk merelaksasi ibu hamil yang hendak melahirkan.


Kontraksi

Ada kalanya di trimester akhir Bunda akan merasakan kontraksi yang cukup hebat. Kontraksi ini belum tentu tanda melahirkan. Apalagi jika jeda antara kontraksi tidak dalam waktu yang dekat. Bunda dapat menghitung waktu kontraksi dengan ponsel atau alat lainnya. Jika jeda kontraksi masih terlalu lama maka bisa dipastikan kontraksi yang Bunda rasakan bukan merupakan tanda-tanda melahirkan. Tetapi jika jeda kontraksi sekitar lima belas menit hingga lima menit, dapat dipastikan sudah mulai terjadi pembukaan. Biasanya untuk mendapatkan pembukaan lengkap bisa menunggu kurang lebih dua hari atau lebih cepat

Pecah Air Ketuban

Jika Bunda merasakan keluar cairan yang cukup banyak dari vagina atau merasakan ada sesuatu yang meletus, bisa dipastikan cairan tersebut adalah air ketuban. Ketuban yang sudah pecah ini berarti tanda melahirkan sudah dekat. Bunda harus segera ke tempat bersalin karena berkurangnya air ketuban di rahim yang terlalu lama dapat berdampak buruk bagi si kecil.

Keluar Flek Darah

Ada kalanya ibu hamil tidak merasakan kontraksi maupun pecah air ketuban saat hendak melahirkan. Tetapi ada tanda melahirkan lain yaitu keluar flek darah. Flek darah ini dapat disertai kontraksi mau pun tidak. Sebaiknya jika sudah mengeluarkan flek darah darah disertai jeda kontraksi yang cepat segera ke tempat bersalin.

Selalu Siaga

Proses melahirkan memang tidak dapat diduga sehingga pasang suami istri harus selalu siap siaga kapan pun tanda-tanda melahirkan mulai tampak. Lebih baik jika Bunda sudah memiliki kepastian akan melahirkan di rumah sakit mana. Sehingga saat hendak melahirkan Bunda tidak perlu bingung menentukan tempat bersalin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar