Sticky Post

Peralatan Olahraga Yang Bisa Dibeli di Bukalapak

Selasa, 27 November 2018

2 Trik Mengecilkan Resolusi Foto yang Bagus



Jika kalian seorang blogger, pasti sudah tahu pentingnya memasang foto berukuran ringan dalam postingan. Foto yang ringan bisa membuat loading blog lebih cepat serta mudah masuk di halaman pertama Google. Berbicara tentang ukuran foto yang ringan, salah satu alat yang sering dipakai untuk mengecilkan resolusi foto yang bagus adalah Microsoft Office Picture Manager (MOPM), sebuah program aplikasi pengolahan foto buatan Windows.

Sayangnya, fitur kompres foto pada MOP benar-benar buruk. Bukan cuma ukuran foto yang berkurang sedikit, kualitas hasil editan juga jadi blur sehingga foto tidak enak dipandang. Lagipula, MOPM telah tidak ada lagi di Windows 10. Untuk itu, sudah waktunya beralih ke cara lain dalam membikin resolusi foto yang bagus. Saya menguji berbagai cara kompres foto 200k. Hasilnya, saya menemukan 2 cara memperkecil ukuran foto yang terbaik tanpa mengurangi kualitasnya lewat fasilitas online, PC serta Android.

Silakan pilih dari 2 cara dibawah ini yang kamu sukai, berikut ini ulasannya:

1. Cara kompres foto dengan cara online
Sepanjang yang saya ketahui, pengompresan secara online ialah cara memperkecil ukuran foto yang lebih praktis karena tidak perlu memasang aplikasi tambahan di perangkat kamu. Bukan cuma itu, cara ini juga bisa memungkinkan pengompresan yang banyak foto sekaligus sehingga bisa mempercepat proses pengompresan. Tool favorit saya ketika mengkompres foto secara online ialah TinyPNG. Faktanya yaitu saya selalu memakai tool ini sebelum mengunggah foto pada postingan blog saya. Langkah-langkah menggunakan TinyPNG dalam mengkompres foto seperti di bawah ini:

Yang pertama buka tinypng.com. sudah masuk di situs tersebut, unggah foto yang ingin diperkecil ukurannya atau format foto png atau jpg dan maksimal 20 buah. Setelah itu tunggu proses kompresi selesai. Setelah selesai lanjut unduh foto tersebut dengan klik kolom download. jika mengunggah foto lebih dari 1, kalian juga mungkin bisa mengunduhnya sekaligus dengan mengklik tombol Download All  sehingga akan terunduh dalam bentuk arsip.

2. Cara kompres foto dalam pc
Jika kalian pengguna laptop / komputer dan lebih senang dengan cara offline, saya merekomendasikan aplikasi Caesium. Mereka mengklaim bahwasanya program kompresornya dapat meringankan foto sampai 90%. Bagi saya, Caesium bukan hanya program kompresor. Ini lebih mirip program pengelolaan foto karena bisa menyediakan beberapa fitur yang tidak dipunyai program kompresor lain seperti resize dan juga konversi format. Bukan cuma itu, program ini juga memungkinkan penggunanya mengatur manual rasio demi berkurangnya kualitas foto yang dihasilkan. Bagian yang terbaiknya? Tidak ada batas dalam maksimal jumlah foto yang diunggah. Sebelum dapat menggunakan program ini, silahkan terlebih dahulu unduh Caesium. Setelahnya, silahkan ikuti beberapa langkah demi langkah berikut ini:

Yang pertama Jalankan Caesium. Lanjut unggah foto yang ingin dikompres dengan cara mengklik Add. Lanjut Setelah mengunggah foto, aturlah rasio berkurangnya ukuran kualitas foto. Semakin kecil angka, semakin ringan ukuran fotonya. Selanjutnya  Atur pula destinasi folder guna penyimpanan foto hasil kompresi tadi. Sebagai contohnya saya memilih menyimpannya di folder Documents. Setelah semua persiapan sudah selesai, waktunya untuk mengkompres foto tersebut. Caranya yaitu menekan tombol Compress. Sudah selesai dan untuk membuka foto hasil kompresi tersebut yaitu dengan klik kanan dan lalu pilih Open destination folder.

Itulah tadi 2 cara yang sangat mudah dipraktekan untuk kalian semua yang ingin mengkompres ukuran foto. Dengan 2 ulasan tadi semoga memberikan pengetahuan yang lebih kepada kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar