Sticky Post

Peralatan Olahraga Yang Bisa Dibeli di Bukalapak

Jumat, 23 November 2018

3 Hal Penting Yang Wajib Ibu Hamil Lakukan Guna Menjaga Kesehatan Tubuh



Setiap ibu hamil yang memasuki kehamilan trimester kedua, pasti akan merasakan rasa yang lebih nyaman jika dibandingkan dengan trimester pertama. Pada usia kehamilan ini tumbuh kembang pada janin mengalami perkembangan yang cukup signifikan.  Mual dan muntah pada usia ini juga akan mulai berkurang, bisa dikatakan jika di usia ini, ibu hamil bisa bernapas lega karena telah melewati masa rawan suatu kehamilan.

Ada beberapa hal yang perlu ibu hamil lakukan guna menjaga kesehatan tubuh dan merencanakan persalinan agar bisa berjalan dengan lancar. Bukan hanya itu, beberapa persiapan berikut ini bisa ibu lakukan sebagai tindakan pencegahan atas hal-hal buruk yang mungkin saja bisa terjadi di saat persalinan nanti.

Adapun hal-hal yang perlu ibu lakukan adalah sebagai berikut :

1. Daftar Kelas Latihan Prenatal
Saat usia kehamilan masih dalam usia trimester pertama mungkin bagi sebagian ibu hamil olahraga merupakan salah satu kegiatan yang melelahkan. Bagi anda yang belum melakukan olahraga rutin, sekarang adalah waktu yang paling tepat. Dengan bergabung di kelas prenatal ibu bisa mendapatkan motivasi untuk selalu menaati setiap sesi olahraga yang diikuti.

Selain mendapatkan manfaat kesehatan, bagi sebagian ibu hamil kelas prenatal merupakan sebuah wadah untuk menjalin silaturahmi antar ibu hamil dan bisa menjadi sebuah ajang untuk saling memotivasi satu sama lain.

2. Rutin Bertemu Dengan Dokter Spesialis Kandungan
Pada usia kehamilan trimester kedua, ibu hamil biasanya akan dijadwalkan untuk melakukan beberapa tes seperti tes glukosa, untuk menghindari risiko diabetes. Bukan hanya itu, biasanya ibu hamil juga akan ditawari beberapa ujian genetik seperti amniosentesis atau sebuah tes baru yang lebih dikenal dengan nama cell free fetal DNA testing untuk melihat ada atau tidaknya risiko kelainan genetik, kromosom dan tabung saraf anak.

3. Merencanakan Cuti Hamil Bagi Ibu Pekerja
Hal lain yang wajib anda lakukan adalah dengan merencanakan cuti hamil sejak jauh-jauh hari bagi ibu hamil pekerja. Pahami terlebih dahulu hak seorang wanita pekerja, yakni berhak memperoleh cuti hamil selama 1,5 bulan sebelum persalinan dan 1,5 bulan sesudah persalinan. Tentukan sejak usia kehamilan trimester pertama berapa banyak anda akan mengambil jatah cuti hamil dan mulai sejak kapan anda menentukan anda mulai cuti.

Selain ketiga hal yang bisa ibu hamil lakukan untuk menjaga kesehatan janin, anda juga harus memperhatikan pola makan yang sehat agar kesehatan ibu dan janin terjaga hingga persalinan nanti. Ibu juga wajib membaca beberapa artikel seputar kehamilan trimester kedua untuk menambah ilmu dan wawasan, serta untuk mengetahui mana yang boleh dan tidak boleh ibu hamil lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar