Senin, 10 Desember 2018

Sejarah Menarik Burger King yang Perlu Anda Ketahui




Tidak dapat dipungkiri, Burger King adalah salah satu icon restoran cepat saji terbesar yang pernah ada. Di tahun 2017, si ‘Raja Burger’ ini memiliki sekitar 16.000 outlet yang tersebar di 100 negara, menjadikannya salah satu franchise dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Pencapaian tersebut diiringi oleh perbaikan terus menerus di segala lini. Untuk mengikuti perkembangan dunia yang serba cepat, Burger King kini mengedepankan fitur Burger King, sebuah layanan Pesan Antar di mana pelanggan setia dapat semakin mudah menyantap burger favoritnya.

Namun selayaknya cerita sukses, ‘kemegahan’ Burger King tidak begitu saja lahir dari ruang hampa. Perjalanannya sempat melalui berbagai dinamika, sebelum kini menjadi franchise yang dicintai banyak orang, mungkin termasuk Anda.

Berikut adalah beberapa fakta sejarah Burger King yang barangkali dapat menginspirasi Anda:

1.Pergantian Nama dan Kepemilikan Sebelum Memulai Kesuksesan

Tahun 1954, seorang pengelola bisnis makanan bernama Keith G. Cramer pertama kali mendirikan restoran burger dengan nama InstaBurger King. Usaha tersebut nyatanya harus tersandung masalah finansial di tahun pertama. Hingga kemudian duo asal Miami, David Edgerton and James McLamore, membeli perusahaan tersebut dan mengubah namanya menjadi Burger King. Tiga tahun berselang, mereka meluncurkan menu andalan yang menjadi titik balik nasib Burger King. Menu itu adalah Whopper®.

Nama Whopper® dipilih oleh McLamore karena ingin memberikan kesan ‘sesuatu yang besar’. Setelah melalui beberapa kali reformulasi, seperti perubahan porsi dan pergantian roti, kini, Whopper® diakui sebagai produk signature yang berhasil menduduki top of mind banyak orang.

2.Terus Menambah Pilihan Menu dari Tahun ke Tahun


Awalnya, Burger King hanya menyajikan burger, french fries, minuman bersoda, dan milkshake. Kemudian seiring berjalannya waktu, pilihan menunya terus bertambah serta menyesuaikan negara di mana outlet tersebut dibuka. Misalnya di Indonesia, Burger King menyediakan paket nasi dan ayam goreng dan jasmine tea.

3.Franchise Restoran Pertama yang Berkolaborasi dengan Film Layar Lebar

Siapa yang tidak pernah mendengar Star Wars ? Film opera antariksa ini merupakan salah satu movie franchise terbesar saat ini. Penggemar fanatiknya tersebar di seluruh penjuru bumi, dan kisah orisinalnya telah diceritakan turun-temurun.

Ketika Star Wars episode pertama diluncurkan di tahun 1977 (kini dikenal dengan judul ‘A New Hope’), Burger King menjadi restoran pertama yang bekerja sama untuk kegiatan promosi. Pembeli bisa mendapatkan gelas bergambar tokoh-tokoh Star Wars yang sangat layak untuk dikoleksi. Sayang, langkah fenomenal ini sempat tertutupi oleh ‘sang rival’ yang kemudian bekerja sama dengan Disney. Meski pada akhirnya, di tahun 1994, Burger King membalikkan keadaan dengan kontrak kerja sama publikasi 10 film animasi Disney, termasuk Aladdin (1992), Beauty and the Beast (1991), The Lion King (1994), dan Toy Story (1995).

Tahun 1999, Burger King juga sempat bekerja sama dengan seri animasi yang sangat populer asal Jepang, Pokemon. Kolaborasi tersebut semakin membawa kesuksesan bagi si ‘Raja Burger’

4.Cepat dan Praktis untuk Setiap Pelanggan

Nama ‘Insta-Burger King’ awalnya dipilih karena penyajian burger yang cepat kepada pelanggan. Meski telah berganti nama, esensi tersebut masih melekat sampai sekarang.

Dengan adanya layanan Pesan Antar, semua orang kini dapat menikmati menu-menu Burger King dengan praktis. Cukup akses situs Burger King Delivery dan burger favorit akan diantar kapanpun dan di mana pun Anda berada. Anda tidak perlu lagi berhadapan dengan kemacetan, menghabiskan waktu mencari tempat parkir, atau berlama-lama mengantre. Ditambah lagi, setiap bulannya Burger King memberikan promo istimewa yang membantu Anda lebih hemat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar