Senin, 11 Mei 2015

Deteksi Umur Lewat Foto

Situs How-Old.net
Baru-baru ini situs How-Old.net memang sedang populer. Orang beramai-ramai untuk mengunggah foto mereka ke situs tersebut untuk membuktikan seberapa akurat mesin pendeteksi umur mereka. Tahu gak sih ternyata situs ini dibuat hanya dalam dua hari oleh dua programer yaitu Corom Thompson dan Santos Balasubramanian. Situs ini pertama kali diperkenalkan di San Fransisco. Hanya dalam beberapa jam saja situs ini mendapat ribuan visitor unik.

Tapi gak selamanya situs ini bisa menebak umur dengan benar. Uniknya situs ini bisa mendeteksi mana yang wajah manusia atau bukan. Beberapa kali saya bereksperimen mengunggah foto bukan manusia. Ternyata situs ini gak bisa mendeteksi. Tapi untuk foto kartun yang memang berbentuk manusia situs ini bisa mendeteksinya dengan cukup baik. Misalnya nih foto Masha dideteksi berumur lima tahun. Memang sih kalau dari cerita, Masha ini memang berumur lima tahun.

Masha Berumur Lima Tahun
Masha Berumur Lima Tahun

Tapi berbeda lagi dengan umur Boboboi dan teman-teman. Ternyata Gopal memiliki umur yang lebih tua dari yang lain yaitu empat puluh lima tahun. Kok bisa yah? Ternyata ekspresi wajah juga berpengaruh dalam mendeteksi umur. Ekspresi wajah Gopal yang keliahatan sedang marah justru mejadi sebab umurnya dideteksi lebih tua. Jadi emang ya, orang yang suka marah cepet tua, hehe.


Hanya saja ada bahaya dari mengunggah foto pribadi ke situs ini. Karena semua foto yang diunggah di sana menjadi hak milik Microsoft. Dan tentu saja bisa dikomersilkan sesukanya. Hal ini cukup berbahaya bagi orang yang bermuka imut. Gemana coba kalau mukanya dipakai buat iklan produk kecantikan tapi gak dapet royalti. Rugi dong, hehe.