Kamis, 14 Juni 2018

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami Dengan Menggunakan Lemon

Bibir merupakah salah satu anggota tubuh yang bisa menjadi pusat perhatian orang, terutama bagi kaum wanita. Oleh karena itu, banyak sekali orang terutama wanita yang ingin memperindah serta mempercantik bibirnya dengan berbagai macam cara seperti menggunakan lipstik dan lain sebagainya. Padahal, ada cara alami untuk memerahkan bibir secara alami tanpa menggunakan lipstik dan alat kosmetik lainnya.  Seperti yang kita ketahui, bahwa lipstik itu mengandung bahan kimia yang dapat mengancam kondisi kulit bibir. Maka dari itu, kamu harus mengetahui tentang cara memerahkan bibir secara alami. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Menggunakan Buah Lemon 
Lemon merupakan buah yang dapat di manfaatkan dan juga berguna untuk memerahkan bibir yang hitam, karena di dalam buah lemon mengandung vitamin C yang begitu tinggi sehingga dapat memberikan kulit bibir menjadi lebih cerah dan dapat menghilangkan warna hitam dan gelap pada bibir. Selain itu, lemon juga memiliki fingsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir. Berikut cara memerahkan bibir dengan lemon :


  • Pertama-tama ambil buah lemon dan peras untuk mendapatkan airnya.
  • Lalu campurkan air lemon dengan 1 sendok teh madu  dan masukkan.
  • Oleskan dan campurkan madu dan air perasan lemon pada bibir ketika anda ingin beranjak tidur dan biarkan hingga keesokan harinya.


2. Menggunakan Gula Pasir
Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan benda serbuk yang memiliki rasa manis ini? Ya, tak sulit bagi kita untuk menjumpai gula pasir di pasaran. Akan tetapi, tak banyak dari masyarakat yang tahu bahwa gula pasir dapat memerahkan bibir secara alami. Kita langsung saja ke cara pengerjaannya :


  • Siapkan gula pasir sebanyak 1 sendok teh
  • Siapkan margarin alias mentega secukupnya
  • Campurkan kedua bahan tersebut sambil diaduk-aduk, hingga teksturnya seperti sebuah pasta
  • Jika sudah demikian, silahkan aplikasikan pada bibirmu secara merata
  • Diamkan kurang lebih sekitar 10 – 15 menit
  • Setelah itu bilas lagi bibirmu dengan air hangat sampai bersih
  • Dengan begitu, bibir kamu akan memerah dalam waktu yang singkat


Itulah beberapa cara memerahkan bibir secara alami yang harus kamu coba di rumah. Mengingat kterbatasan waktu yang ada, maka kita akhiri dulu perjumpaannya sampai disini saja.

Rabu, 06 Juni 2018

Program Pencegahan Kebakaran PT RAPP Membuat Desa Meningkatkan Infrastruktur

PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) menaruh perhatian serius terhadap bahaya kebakaran. Mereka menggelar program khusus untuk menanggulanginya. Ternyata, selain berguna mencegah api berkobar dengan liar, kegiatan tersebut ikut mendongkrak peningkatan infrastruktur di kawasan pedesaan.

Image Source: APRIL

PT RAPP merupakan unit operasional APRIL Group yang dikenal sebagai produsen pulp dan kertas terkemuka. Hal itu tak lepas dari kapasitas produksi tinggi yang digapainya. Per tahun, APRIL sanggup memproduksi pulp sebanyak 2,8 juta ton dan kertas sebesar 850 ribu ton.

Operasional APRIL selalu bertanggung jawab terhadap alam. Mereka malah memiliki kewajiban untuk menjaga keseimbangan iklim yang tertuang dalam filosofi bisnisnya. Hal itu diwujudkannya dengan beragam langkah nyata. Salah satunya ialah upaya perlindungan hutan.

Harus diakui, hutan di Indonesia terus berkurang. Penyebabnya beragam mulai dari pembalakan ilegal hingga eksploitasi berlebihan. Namun, kebakaran menjadi salah satu pemicu kerusakan terbesar.

Oleh sebab itu, PT RAPP menggulirkan program khusus untuk pencegahan kebakaran. Mereka menamainya sebagai Program Desa Bebas Api. Di sini RAPP menggandeng masyarakat untuk ikut aktif menjaga areanya dari bahaya kebakaran.

Di dalam Program Desa Bebas Api terdapat skema imbalan yang ditawarkan. Untuk menarik minat warga, RAPP Riau bersiap memberikan dana hibah ke desa sebesar antara Rp50 juta hingga Rp100 juta. Syaratnya adalah satu desa berhasil mengamankan wilayahnya dari api selama setahun.

Dana itu nantinya bisa dimanfaatkan warga desa untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan untuk kepentingan bersama. Hal itu dirasa pas karena sarana infrastruktur di kawasan pedesaan memang sangat kurang.

Alhasil, Program Desa Bebas Api malah menghadirkan dua keuntungan sekaligus. Pelaksanaannya membuat kelestarian hutan terus terjaga. Namun, bersamaan dengan itu, infrastruktur di pedesaan ikut membaik.

Kondisi itu dialami secara nyata oleh Desa Tanjung Padang, Kecamatan Merbau dan Desa Putri Tasik Putri Puyu. Ketiga desa yang ada di Pulau Padang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau ini mampu meningkatkan infrastruktur di wilayahnya setelah bergabung dengan Program Desa Bebas Api.

Desa Tanjung Padang sudah mengikuti Program Desa Bebas Api sejak 2014. Sejak saat itu, luas lahan yang terbakar terus berkurang. Bahkan, pada 2016 dan 2017, wilayah desa dengan 303 Kepala Keluarga ini tidak ada yang dilanda kebakaran sama sekali.

Berkat itu, imbalan berupa dana hibah pembuatan infrastruktur dari PT RAPP didapatkan oleh Desa Tanjung Padang. "Kami berhasil mendapatkan reward Rp100 juta dalam bentuk pembangunan infrastruktur, karena sukses menjaga desa kami tidak terbakar. Rencananya kami akan buat dwiker atau jembatan," terang Kepala Desa Tanjung Padang, Abu Sufian, di Tribun Pekanbaru.

Selain Desa Tanjung Padang, ada desa lain yang menikmati manfaat serupa. Contohnya Desa Petodaan yang ada di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau. Sejak bergabung ke Program Desa Bebas Api pada 2015, mereka mampu membangun sejumlah fasilitas vital untuk kepentingan umum.

Crew Leader Program Desa Bebas Api Desa Petodaan, Rayes, mengatakan desanya sudah membangun dua gedung. Imbalan pertama mereka gunakan untuk membuat gedung serbaguna desa. Selanjutnya, reward yang kedua mereka pakai untuk pembuatan masjid.

“Desa yang memutuskan reward ini mau dijadikan barang atau dalam bentuk infrastruktur, hadiah ini tidak diberikan dalam bentuk uang,” kata Manajer Program Desa Bebas Api, Sailal Arimi.

Peningkatan infrastruktur di pedesaan memang menjadi salah satu dampak positif lain dari Program Desa Bebas Api. Namun, hal itu bukan menjadi tujuan utama. Paling penting ialah kesadaran terhadap bahaya kebakaran lahan dan hutan sudah mulai tumbuh di masyarakat.

Hal itu diakui oleh desa yang telah berpartisipasi. Kelapa Desa Tanjung Padang menyatakan warganya jadi lebih peduli bahaya api. "Sekarang kesadaran masyarakat desa kami cukup tinggi bahkan mereka saling mengingatkan agar tidak membakar lahan," jelas Abu.

TERBUKTI EFEKTIF

Imbalan bukan satu-satunya kegiatan dalam Program Desa Bebas Api. Masih ada berbagai aktivitas lain dalam upaya pencegahan kebakaran dari Riau Andalan Pulp & Paper ini.

Image Source: APRIL

Lewat program ini, PT RAPP membentuk Crew Leader. Ia bertugas menjadi koordinator pencegahan kebakaran di desa. Selain memantau kondisi desanya, Crew Leader juga berupaya menyadarkan komunitasnya supaya mau melindungi lingkungan.

Bersamaan dengan itu, ia menjadi penghubung antara pihak desa dan perusahaan seperti RAPP. Ini terkait dengan kegiatan lain di dalam Program Desa Bebas Api. Dalam kegiatan ini, RAPP Riau juga menjalankan pendampingan pertanian berkelanjutan.

Hal ini dirasa penting karena kerusakan hutan seringkali terjadi akibat tuntutan ekonomi. Dengan pertanian berkelanjutan, masyarakat diharapkan bisa memiliki sumber penghidupan sehingga tidak merusak hutan.

Crew Leader berperan aktif dalam pertanian berkelanjutan. Ia bisa menjadi penghubung antara warga desa dan RAPP. Misalnya ia yang mengontak PT RAPP ketika warga hendak meminjam alat berat untuk mengolah lahan pertanian.

Selain dua hal tersebut, PT RAPP melaksanakan pemantauan kualitas udara dalam Program Desa Bebas Api. Sejumlah alat dipasang sebagai indikator. Namun, RAPP juga rutin memantau secara langsung di berbagai titik di sekitar area konsesi.

Adapun kegiatan yang tak kalah penting dalam Program Desa Bebas Api adalah penyadaran bahaya api. Melalui program ini, RAPP Riau tak lelah menumbuhkan kesadaran tentang perlindungan lingkungan ke masyarakat. Sarananya bermacam-macam mulai dari pembuatan pamflet, spanduk, ataupun seminar. Bahkan, RAPP juga mendatangi sekolah-sekolah untuk mengajari anak supaya mau melindungi alam.

"Kami menyadarkan masyarakat agar tidak membakar lahan, menyediakan alternatif pertanian dengan membantu membuka lahan menggunakan peralatan pertanian, sosialisasi kepada masyarakat dan pemantauan udara. Kami juga memberikan reward dalam bentuk infrastruktur bagi desa yang sukses mencegah kebakaran lahan dan hutan sebesar Rp100 juta," ujar Sailal.

Kegiatan yang komprehensif ini akhirnya terbukti efektif dalam menekan kebakaran lahan dan hutan. Menurut data yang dipaparkan oleh Tribun Pekanbaru, kawasan yang mengikuti Program Desa Bebas Api berhasil menurunkan tingkat kebakaran di wilayahnya antara 50 hingga 90 persen sejak 2015 hingga 2017.

Sampai saat ini ada 18 desa yang berpartisipasi dalam Program Desa Bebas Api. Diyakini jumlahnya akan terus meningkat. Sebab, banyak yang telah merasakan manfaat nyatanya.

Tidak mengherankan Program Desa Bebas Api mendapat apresiasi dari banyak pihak. Salah satu yang menyatakannya ialah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia, Willem Rampangilei. Ia memuji upaya pencegahan kebakaran ini karena terbukti efektif.

"Program Desa Bebas Api ini dapat berkontribusi dalam menekan angka kebakaran lahan dan hutan. Semoga program ini secara lokal dapat diperluas dan diadopsi di daerah-daerah di Indonesia dalam upaya pencegahan kebakaran," kata Willem.

Harapan Willem bisa menjadi kenyataan. Saat ini, program yang digagas oleh PT RAPP ini sudah diadopsi dalam Aliansi Bebas Api. Hal itu jelas akan memperluas jangkauannya.

Kalau sudah begitu, maka akan semakin banyak lahan dan hutan yang aman dari bahaya kebakaran. Sebagai imbasnya, bertambah pula desa-desa yang mengalami peningkatan infrastruktur karena mendapat imbalan dana hibah dari PT RAPP.
Rabu, 30 Mei 2018

Ini Dia 4 Manfaat Mengonsumsi Yoghurt



Tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah kuliner yang bernama yoghurt. Ya, yoghurt adalah salah satu makanan olahan susu, yang di buat melalui proses fermentasi bakteri. Meski sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi pada yoghurt, namun ada saja sebagian orang yang belum tahu tentang manfaat yoghurt bagi kesehatan tubuh. Nah, untuk mengetahui tentang manfaatnya, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Mengatasi Masalah Bau Mulut
Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan dari mengonsumsi yoghurt, yakni mengatasi masalah bau mulut. Ya, kondisi mulut yang mengeluarkan aroma tidak sedap, tentunya akan membuat kamu tampil tidak percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain. Namun dengan mengonsumsi yoghurt, maka hal tersebut tidak akan berlaku lagi. Selain dapat mengatasi masalah bau mulut, ternyata yoghurt juga dapat mencegah peradangan pada gusi lho.

2. Bagus Untuk Perawatan Kulit Wajah
Siapa bilang bahwa untuk merawat kulit wajah itu harus membutuhkan biaya mahal? Berdasarkan dari hasil penelitian, yoghurt ini kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang bagus untuk perawatan kulit wajah. Adapun mengenai beberapa manfaat dari yoghurt untuk kulit wajah seperti dapat mencerahkan kulit wajah, mengatasi masalah jerawat, menyamarkan bekas luka, melembapkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati, dan sebagainya. Dalam hal ini, kamu harus menggunakan masker yang terbuat dari yoghurt. Mengenai cara membuat maskernya, siapkan 1 cup yoghurt tawar, lalu campurkan dengan madu murni sebanyak 1 sendok makan. Selanjutnya aplikasikan pada wajahmu secara merata, dan diamkan kurang lebih sekitar 20 menit. Setelah itu bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih.

3. Bagus Untuk Perawatan Kulit Kepala
Selain bagus untuk kulit wajah, ternyata yoghurt juga bagus untuk perawatan kulit kepala kita lho. Kita langsung saja ke cara pengerjaanya, siapkan 1 cup yoghurt, lalu aplikasikan pada kulit kepalamu secara merata sambil dipijat-pijat secara perlahan. Kemudian tutup kepalamu dengan cup shower selama 15 menit, lalu bilas lagi dengan air dan shampoo sampai bersih.

4. Dapat Menurunkan Berat Badan
Nah, bagi kamu yang sedang menjalankan program diet sehat, ada baiknya jika kamu melibatkan yoghurt kedalam program dietmu. Pasalnya, yoghurt kaya akan kandungan serat yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Itulah 4 manfaat yang akan kamu dapatkan dari yoghurt. Dengan keterbatasan waktu yang ada, maka kita akhiri dulu perjumpaannya hanya sampai disini saja.