Google Doodle Juan Gris

Google Doodle Hari Ini : 125 tahun Juan Gris, Pelukis Kubisme

Google Doodle Juan Gris

Jose Victoriano Gonzalez Perez atau dikenal juga sebagai Juan Gris adalah seseorang yang mempopulerkan seni lukis Kubisme yaitu sebuah aliran lukisan dengan ciri mengandung unsur kotak-kotak.

Juan Gris lahir pada 23 Maret 1887 di Madrid. Beliau mempelajari gambar supranatural di Escuela de Artes y Manufacturas di Madrid 1902-1904. Selama waktu itu beliau memberikan kontribusi gambar untuk majalah lokal. Dari 1904-1905 ia belajar melukis dengan artis Maria José akademik Carbonero.

Pada tahun 1906 ia pindah ke Paris dan mengikuti jejak rekan senegaranya, Pablo Picasso. Juan Gris mulai melukis dengan serius di tahun 1910, dan tahun 1912 ia mengembangkan gaya Kubisme ciptaan sendiri.

Beliau meninggal di Boulogne-sur-Seine (Paris) pada 12 Mei 1927 diusia yang ke 40 karena gagal ginjal.

Salah satu karya seni Juan Gris, “Violon et guitare” terjual USD 28,6 juta pada sebuah acara lelang di bulan November 2010.

Salah satu karya Juan Gris
Salah satu karya Juan Gris

Artikel Menarik Lainnya

5 thoughts on “Google Doodle Hari Ini : 125 tahun Juan Gris, Pelukis Kubisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>