Cara Mencegah Diabetes Melitus Keturunan

Penyakit diabetes melitus atau yang dikenal sebagai kecing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya adalah kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh dalam memanfatkan insulin. Insulin pada tubuh berfungsi untuk mengatur kadar glukosa, sehingga jika hormon insulin ini bermasalah akan mengakibatkan ketidakseimbangan glukosa pada tubuh.



Diabetes dapat menyerang siapa saja muda mau pun tua. Bagi penderita diabetes Anda bisa saja mewariskan penyakit ini kepada anak-anak Anda. Tapi bukan berarti penyakit diabetes ini akan mutlak diwarisi oleh keturunan Anda. Simak beberapa cara mencegah diabetes melitus keturunan.

Kurangi Konsumsi Gula

Masalah utama dari diabetes adalah kadar glukosa yang tinggi. Sehingga untuk mencegah penyakit diabetes melitus keturunan Anda harus mengontrol makanan manis. Tapi tidak hanya makanan yang terlihat manis saja yang harus dikurangi. Nasi sebenarnya juga memiliki kadar gula tapi mungkinn banyak orang yang tidak menyadarinya. Memang kadar gula pada nasi tidak tinggi. Tapi kita mengkonsumsi nasi setiap hari dan jika diakumulasi dengan makanan lain bisa jadi kita telah melebihi batas konsumi gula per harinya. Solusinya bisa dengan mencampur beras dengan beras jagung, sehingga konsumsi nasi dapat berkurang.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memang minuman yang paling menyehatkan. Selain menghilangkan dahaga, meminum air putih sangat menyehatkan tubuh. Bagi Anda yang memiliki keturunan diabetes melitus, sangat disarankan untuk lebih memilih air putih dari pada minuman manis lainnya. Memang minuman manis lebih enak dari pada air putih. Tapi terlalu banyak minuman manis dapat memicu kenaikan kadar glukosa pada tubuh.

Konsumsi Sayur dan Buah Setiap Hari

Penyakit diabetes melitus keturunan dapat diwariskan pada keturunan disebabkan banyak faktor salah satunya adalah karena memiliki pola makan yang sama. Jadi untuk memutus rantai keturunan diabetes ini maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memulai pola makan sehat. Mulailah secara rutin untuk mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Dan mengurangi konsumsi gula berlebih.

Pantau Berat Badan

Meski diabetes tidak selalu berhubungan dengan berat badan, tidak ada salahnya untuk mengontrol berat badan tiap bulan. Jagalah agar berat badan Anda selalu dalam batas normal. Jika berat badan Anda melebih berat badan normal makan resiko diabetes bisa semakin meningkat.

Olahraga Secara Teratur

Untuk dapat mencegah diabetes melitus keturunan memang sangat penting untuk menjaga pola makan. Tapi selain itu olahraga secara teratur juga dapat membantu mencegah penyakit ini.