Sticky Post

Peralatan Olahraga Yang Bisa Dibeli di Bukalapak

Kamis, 14 Desember 2017

Pilih Printer Thermal atau Printer Dot Matrix? Ini Plus Minus yang Perlu Diketahui

Satu hal dalam bisnis ritel yang tidak dapat dilakukan oleh pemilik bisnis adalah sistem pengelolaan uang tunai. Entah itu menggunakan sistem pembayaran tradisional ataupun menggunakan sistem aplikasi penjualan yang sudah canggih dan terkomputerisasi, alias POS (Point Of Sale).

Printer Thermal

Untuk itu, setiap toko membutuhkan berbagai peralatan pendukung kasir dalam berjualan. Perlatan pelengkap sistem kasir ini salah satunya adalah printer kasir untuk cetak struk receipt yang diharapkan mampu mempercepat antrian dan memproses transaksi pelanggan di POS, serta mencatat nominal transaksi secara akurat.

Keuntungan dan Efisiensi yang Didapatkan

Printer kasir menawarkan berbagai keuntungan bagi bisnis retail seperti toko dan minimarket. Salah satunya, dapat melacak transaksi pelanggan dan mempercepat antrian. Printer kasir juga berfungsi mencatat penjualan, menghitung perubahan, dan mencetak tanda terima pelanggan.

Tak hanya itu, printer kasir juga dapat menghitung pajak penjualan dengan benar, menjalankan laporan, dan mengidentifikasi penjualan oleh karyawan.

Terdapat dua jenis teknologi yang digunakan oleh printer mini ini, thermal dan dot matrix. Berikut kupasan masing-masing jenis printer tersebut, beserta plus dan minus, sehingga memberi Anda gambaran dalam memilih jenis printer yang cocok untuk usaha Anda.

1. Printer Thermal

Pencetakan thermal adalah metode non-impact untuk menciptakan gambar di atas kertas tanpa memerlukan tinta. Proses ini memanfaatkan panas yang dihasilkan oleh thermal (panas).

Mencetak pada kertas thermal memberikan gambar yang cepat, handal dan high-definition. Teknologi ini digunakan di berbagai sektor, seperti industri kesehatan yang bergantung pada gambar berkualitas tinggi yang dihasilkan oleh pencetakan thermal untuk cetakan penting dan teknis yang mengharuskan adanya akurasi, seperti melakukan electrocardiograms (EKGs), cetakan ultrasound dan label resep.

Keunggulan Printer Thermal

Printer thermal memiliki sejumlah keunggulan penting dibanding pencetakan tradisional. Seperti proses cepat, bersih, dan tidak berisik. Kualitas gambar yang dihasilkan lebih jelas dan berkualitas tinggi.

Jenis printer ini tidak membutuhkan pita atau toner, dan tidak membutuhkan tinta untuk mencetak hasilnya karena printer thermal hanya memiliki satu atau dua komponen saja yang bergerak.

Sistemnya mudah dioperasikan dan cocok digunakan hampir semua aplikasi. Tak hanya itu, ukuran printer ini jauh lebih kecil dan ringan jika dibandingkan printer pada umumnya.

Kekurangan Printer Thermal

Hasil cetakan di label bill tidak dapat tahan lama terhadap sinar matahari atau panas yang ekstrim. Tanpa paparan sinar matahari, label akan memudar dalam jangka waktu yang lama. Untuk label yang disimpan selama bertahun-tahun, thermal bukanlah solusi terbaik. Label thermal harganya lebih mahal dibandingkan label transfer thermal dengan pita.

2. Printer Dot Matrix

Dot Matrix adalah jenis printer tertua dan merupakan printer komputer yang dicetak oleh dampak langsung dari pita kain berlapis tinta terhadap kertas. Dot Matrix mekanisme sama seperti mesin cetak tik, kepala printer bergerak dalam gerakan naik turun atau berjalan bolak-balik di atas kertas.

Hasil cetak dapat diproduksi dalam huruf yang bervariasi dan grafis acak dalam bentuk titik-titik. Titik-titik ini dihasilkan oleh pin logam kecil atau kabel yang digerakkan maju mundur ke atas dan ke bawah oleh kekuatan elektromagnet atau solenoid mungil. Kepala printer terus bergerak dan hanya mencetak satu baris teks vertikal dalam satu waktu.

Keunggulan Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix murah dan mudah tersedia di pasaran. Dot Matrix dapat membuat salinan cetak dari cetakan tidak seperti printer non-impact. Selain itu, biaya cetaknya paling rendah dibanding printer lainnya.

Kelemahan Printer Dot Matrix

Printer ini cukup berisik saat pin memindai pita ke kertas. Pin dapat ditekuk dengan mudah dan dapat menghancurkan kepala cetak. Selembar kertas harus dilumasi dan diselaraskan dengan tangan sehingga menyita waktu.

Output yang dihasilkan tidak beresolusi tinggi. Hasil cetak warna terbatas dan kecepatan cetak juga lebih rendah dibandingkan dengan printer non-impact. Oleh karena itu, kualitas cetak pada umumnya tidak begitu bagus.

Dot Matrix adalah yang terbaik bila biaya adalah pertimbangan dan kualitas cetak dapat dikompromikan. Saat ini, printer Dot Matrix ditemukan di perangkat seperti cash register, dan terminal POS di gerai belanja.

Sebelum membuat keputusan membeli printer kasir, sebaiknya mempertimbangkan apa yang menjadi pilihanmu, seperti kebutuhan bisnis, jenis usaha, serta pro dan kontra teknologi yang dihasilkan. Anda dapat melakukan review dan mengumpulkan informasi terlebih dahulu dari internet, membuat daftar distributor printer kasir murah tapi berpengalaman, atau meminta referensi dari kerabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar