Rabu, 25 Juli 2018

2 Hal Yang Menjadi Penyebab Awal Gejala Nyeri Pada Bahu

Nyeri bahu merupakan salah satu penyakit yang membuat tidak nyaman. Maka dari itu nyeri otot bahu sedini mungkin harus menjadi perhatian khusus. Karena bahu yang sakit bisa menghambat kemampuan Anda untuk bergerak bebas jika tidak ditangani dengan baik. Bahu sakit adalah masalah yang umum dengan sejumlah penyebab yang berbeda. Pria, wanita, dan anak-anak dari segala latar belakang etnis dan usia bisa mengalaminya. Apa saja yang sering jadi penyebab bahu sakit? Sakit bahu mungkin timbul dari persendian bahu itu sendiri atau dari salah satu dari sekian banyak otot, ligamen, atau urat di sekitarnya. Sakit bahu yang berasal dari sendi biasanya akan memburuk dengan peningkatan aktivitas atau gerakan lengan atau bahu. Lantas apa saja penyebab nyeri otot bahu?


1. Aus (pemakaian berlebihan)

Melakukan pekerjaan berat (seperti mencangkul, membawa beban berat), berolahraga (baseball, panahan, golf, angkat beban, dst), hingga menggunakan tas yang berat dapat menyebabkan bahu sakit. Menggunakan persendian bahu terlalu sering atau keras dalam jangka panjang dapat menyebabkan jaringan halus di dalam bahu lebih mudah aus sehingga bahu jadi lebih rentan terhadap cedera. Ini kerap disebut sebagai tendinitis. Kadang, persendian bahu yang digunakan terlalu berlebihan bisa jadi meradang dan membengkak terasa menyakitkan. Kondisi ini disebut sebagai bursitis. Bursitis dapat menyebabkan banyak kegiatan harian seperti menyisir rambut atau berpakaian jadi lebih sulit.

2. Terkilir atau keseleo

Bahu keseleo mengacu pada sobekan di ligamen atau otot yang mengikat persendian bahu. Sobekan ligamen pada tulang ini biasanya menghasilkan rasa sakit dan peradangan di daerah bahu hingga kesulitan dalam nenggerakkan lengan atau bahu. Penyebab bahu keseleo yang paling umum adalah hantaman langsung pada bahu dan area sekitarnya, entah itu akibat jatuh dalam posisi canggung, kecelakaan bermotor, atau kecelakaan saat berolahraga. Kerasnya hantaman yang diterima oleh tubuh saat jatuh meniban lengannya sendiri, misalnya, atau menubruk pemain lawan saat sedang adu laga di lapangan hijau, bisa menjalar hingga ke persendian bahu yang menyebabkan pemisahan tulang bahu. Ligamen pelindungnya kemudian teregang sedemikian rupa hingga melar dan pada akhirnya sobek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar