Rabu, 16 Januari 2019

Tips Pilih Mainan Anak Usia 4 Bulan yang Sesuai



Menjadi orang tua memang bukan hal yang mudah. Kita akan selalu memikirkan pertumbuhannya dengan matang. Termasuk dengan memberikan mainan anak. Saat berumur 4 bulan, buah hati mengalami perkembangan emosi, bahasa, sosial, berpikir, komunikasi yang sanat pesat, bahkan berat badannya akan bertambah sampai 2 kali lipat saat ia lahir.

Perkembangan anak usia 4 bulan

Ketika berusia 4 bulan, kemungkinan besar buah hati bisa menunjukkan tanda-tanda seperti:

Berlatih berguling,
Saat berbaring tengkurap, ia akan mengangkat tubuh dan menopangnya dengan menggunakan siku,
Memasukkan tangan ke mulut,
Mengenali orang serta hal yang familiar dari jauh,
Mengguncang, memegang dan mengayunkan mainan,
Matanya sudah bisa mengikuti benda bergerak,
Menggunakan mata dan tangan secara bersamaan
Meraih mainan dengan menggunakan satu tangan,
Menanggapi rasa sayang,
Meniru beberapa ekspresi wajah, dan gerakan seperti mengerutkan kening dan tersenyum,
Gemar bermain dengan orang lain seperti ibu dan ayahnya.

Mainan anak usia 4 bulan

Seperti perkembangan yang disebutkan di atas, di usia 4 bulan, si kecil sudah bisa bermain. Anda bisa memberinya mainan yang cocok. Namun, jangan sampai salah dalam memilih, pastikan memilih mainan yang bisa menunjang tumbuh kembangnya, seperti:

Boneka yang lembut. Agar buah hati rajin menggerakkan tangan, Anda bisa memberikan boneka lembut yang diisi dengan kapas. Pastikan kembali jika boneka tersebut tidak memiliki pita, kancing, benang, atau bel yang dapat dilepas.
Karet. Selain boneka, Anda bisa memberikan si kecil karet. Benda ini akan mudah ia cengkram dan mudah mengeluarkan suara,
Memberi mainan donat silikon. Sebagai perangsang pertumbuhan gigi, mainan anak yang bisa diberikan seperti silikon berbentuk donat. Mainan ini dapat disimpan di lemari es agar meredakan nyeri pada giginya yang akan tumbuh. Selain itu hindari membuat suhu mainan menjadi terlalu dingin karena akan melukai gusinya,
Mengajak berbicara. Mendengarkan suara ayah atau ibunya, ternyata bisa membantu si kecil mengembangkan kemampuan bahasanya. Ajak ia berbicara dan tertawa.
Memperdengarkan aneka suara. Anda juga bisa memberi mainan yang bisa mengeluarkan suara saat diguncang.

Tips memilih mainan

Jika Anda ingin memberikan jenis mainan lain pada si kecil, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti, antara lain:

Hindari memberikan balon pada si kecil, karena saat balon meletus bisa melukainya,
Waspadai mainan yang menggunakan bahan pembuatan beracun seperti merkuri, timah, arsenik dan yang lainnya. Saat membeli, Anda bisa meneliti bahan yang digunakan untuk membuat mainan tersebut,
Mudah dibersihkan. Usahakan memilih mainan yang gampang dibersihkan dengan menggunakan sabun. Selain itu, usahakan sering membersihkan mainannya agar buah hati tidak terkena kuman.
Hindari memilih mainan dengan bobot yang berat. Karena di usia 4 bulan ia sedang belajar memegang, dan mengangkat benda, hindari memberikan mainan yang berat kepadanya.
Ukuran mainan yang lebih besar. Pastikan kembali jika mainan yang Anda pilih memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan mulutnya, sehingga si kecil tidak akan tersedak. Di usia 4 bulan, bayi biasanya gemar memasukkan benda asing dalam mulut.
Mainan anak memiliki kualitas bagus. Lihat kembali seperti apa kualitas mainan yang Anda beli. Pastikan mainan tidak dihiasi dengan manik-manik, baterai, kancing, atau benda-benda kecil yang dapat masuk ke dalam mulutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar