Apa Itu Consumer Research? Ketahui Manfaatnya dalam Bisnis

Salah satu faktor penting di dalam sebuah bisnis adalah pelanggan. Oleh sebab itu, melakukan consumer research adalah sebuah hal penting yang harus dilakukan agar bisa mengenali mereka lebih baik lagi.

Kita tidak dapat memungkiri bila setiap konsumen mempunyai perilaku yang berbeda-beda ketika melakukan pembelian. Di sini, tugas dari pebisnis ialah mengenali konsumen yang ditargetkan untuk membeli produk, agar nantinya mereka bisa membeli produk hingga jangka panjang. 

Dengan consumer research, perusahaan sudah pasti bisa mewujudkan hal ini dengan maksimal. Lantas, apa pengertian consumer research? Selain itu apa manfaatnya untuk bisnis?

Sekilas Mengenal Costumer Research

Consumer research adalah sebuah praktis yang mengidentifikasi, motivas hingga preferensi pelanggan ketika membeli produk yang ditawarkan. Praktik consumer research ini juga sering menjadi bagian market research. 

Consumer research memiliki tujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Jika pelanggan semakin puas, pertumbuhan bisnis bisa menjadi semakin positif. Contohnya saja, sebuah perusahaan menjual produk es krim serta ingin meluncurkan produk baru. 

Namun, sebelum meluncurkan produk baru, mereka melakukan riset yang berkaitan dengan pelanggan. Perusahaan akan mencari tahu seperti apa masalah yang dimiliki pelanggan, perilaku pembelian hingga permintaan tertinggi. 

Setelah perusahaan melakukan riset tersebut, perusahaan akan mengetahui berbagai kekurangan dari produk yang akan dikeluarkan serta mencari solusi apa yang bisa menyelesaikan masalah pelangganya. Dengan cara ini, perusahaan dapat menciptakan produk yang sesuai. 

Cara Melakukan Consumer Research

Untuk melakukan consumer research, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, seperti:

Survey online

Untuk melakukan consumer research, kamu bisa melakukan survey online. Kamu dapat membuat beberapa pertanyaan survey melalui tools seperti Google Form atau tools lainnya. 

Setelah pertanyaan selesai dibuat, sebarkan survey tersebut ke email pelanggan. Hasil survey ini dapat dijadikan sebagai acuan agar dapat mengembangkan produk lebih baik lagi. Agar pelanggan tertarik mengisi survey, kamu bisa memberikan sedikit hadiah spesial. 

Focus group

Untuk melakukan consumer research, kamu bisa membuat focus group. Undang 6 hingga 10 konsumen untuk diskusi hal-hal yang berkaitan dengan produk. Dengan menggunakan focus group, kamu bisa mengumpulkan informasi lebih banyak, sehingga produk baru bisa dikembangkan lebih baik lagi.

Interview

Interview dengan pelanggan secara langsung mungkin membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup besar. Namun dengan menggunakan cara ini, kamu bisa menggali informasi dengan lebih baik. 

Untuk melakukan interview, kamu dapat memanggil pelanggan loyal yang sering melakukan pembelian produk. Bila memungkinkan, kamu juga bisa melakukan inview public dengan cara pengisian survey offline. 

Manfaat Melakukan Consumer Research

Sebagai sebuah upaya yang sangat penting untuk berlangsungnya bisnis, tentu saja consumer research memiliki manfaat tersendiri. Beberapa manfaat consumer research adalah:

Semakin menumbuhkan bisnis

Dengan riset konsumen, secara tidak langsung bisnis yang kamu jalankan bisa berkembang dengan lebih cepat. Hal ini disebabkan karena kamu sudah mengetahui seperti apa keinginan serta kebutuhan yang dimiliki pelanggan. 

Dengan pengetahuan penting ini, besar kemungkinan pelanggan akan menyukai produk yang akan dikeluarkan perusahaanmu. 

Meningkatkan loyalitas konsumen

Manfaat lain yang bisa diperoleh ialah meningkatkan loyalitas konsumen. Ketika consumer research berhasil diterapkan, kamu bisa mempertahankan pelanggan yang sudah membeli produkmu.

Hal ini disebabkan karena salah satu tujuan dari consumer research adalah meningkatkan kepuasan mereka sehingga konsumen tidak ragu membeli produkmu. 

Consumer research adalah hal yang sangat penting untuk perusahaan agar dapat meraih target yang tepat, sehingga lakukan riset ini secara mendalam. Bahkan, bila perlu kamu bisa membentuk tim khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar