Rabu, 17 Juni 2015

5 Aktifitas yang Bikin Semangat Puasa

Sebentar lagi sudah masuk Ramadhan lho. Kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Wah, kelihatannya berat ya. Memang, kalau kita tidak semangat, tentu saja puasa yang kita jalani terasa berat. Masih ingat saat pertama kali belajar puasa? Dulu waktu masih anak-anak, kita tetap bermain di luar, kejar-kejaran, lari-larian. Saking semangatnya, kita sampai lupa kalau kita sedang puasa. Lah kalau sekarang? Kamu pasti lebih memilih tiduran, atau bermalas-malasan saat puasa. Apalagi saat hari sudah mulai siang, cuaca di luar panas. Keluar rumah pun jadi malas. Kuliah pun jadi ngantuk. Apa-apa jadi malas. Nah, agar kamu lebih semangat puasanya nanti, cobalah melakukan aktifitas-aktifitas seperti di bawah ini.


1. Jalan-Jalan Pagi

Setelah selesai sahur, tahan diri untuk tidak tidur lagi. Agar tidak mengantuk, kamu bisa mencuci piring, atau memainkan gadget. Jika adzan subuh sudah berkumandang, bergegaslah shalat subuh. Di bulan yang penuh berkah ini, kamu juga bisa shalat subuh berjamaah di masjid. Kamu akan merasakan damainya suasana pagi sebelum matahari terbit. Cuaca dingin di pagi hari membuat kamu lebih melek. Nah setelah shalat subuh, kamu bisa mengajak saudara atau orang tua untuk jalan-jalan santai di pagi hari. Tidak perlu jauh-jauh, cukup di sekitar rumah saja. Rasakan bersihnya udara pagi. Hirup dalam-dalam. Udara pagi yang bersih akan membuat kamu lebih semangat menjalani puasa.

2. Belanja Bahan Makanan Untuk Buka Puasa

Jika kamu sedang libur, kamu bisa pergi k pasar atau ke supermarket untuk belanja. Rencanakan menu buka puasa yang akan kamu buat. Belanja ke pasar atau supermarket bersama teman atau ibu tercinta akan membuatmu lebih semangat puasa. Belanja akan membuat waktu berjalan terasa sangat cepat.

3. Manfaatkan Wifi Gratis

Untuk kamu yang masih mahasiswa, tidak ada salahnya memanfaatkan wifi gratis di kampus. Berselancar di dunia maya membuat puasa yang kita jalani jadi tidak terasa. Kamu bisa download film terbaru, lagu terbaru, atau bahan materi tugas kuliah. Sambil mendengarkan nasyid atau murottal, kegiatan yang kamu lakukan ini bisa lebih bermanfaat. Kamu pun lebih semangat dalam menjalani puasa. Apalagi jika kamu bertemu dengan teman-temanmu di kampus. Hari sudah siang pun kamu pasti tidak terasa.

4. Tidur Siang

Saat waktu sudah menunjukkan pukul 12 siang, hentikan segala aktivitasmu. Segeralah pulang ke rumah atau ke kosmu. Jam 12 adalah waktumu untuk istirahat. Sebelum kamu tidur siang, pastikan kamu sudah menyegarkan tubuhmu dengan mandi, lalu shalat dhuhur. Tidurlah selama kurang lebih 1 hingga maksimal 2 jam. Jangan tidur siang sampai terlewat waktu shalat ashar. Meski tidurnya orang puasa memang berpahala, bukan berarti kamu hanya tidur seharian. Banyak aktivitas di saat puasa akan membuatmu jadi lebih semangat. Puasamu pun jadi lebih bermanfaat.

5. Menonton Acara TV Spesial Ramadhan di Sore Hari

Setelah tidur siang dan mandi sore, tubuhmu akan kembali segar. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, tidak ada salahnya menonton acara televisi spesial Ramadhan. Seperti ceramah agama, atau kisah Nabi, dan lain-lain. Selain menarik, kegiatan ini juga bermanfaat karena dapat menambah ilmu agama.

1 komentar: