Senin, 08 Juni 2015

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Lulus Kuliah

Sebenarnya, masa-masa kuliah adalah masa di mana kamu bebas berkarya dan bebas menjelajah ke mana saja. Di masa inilah, orang tua memberikan kebebasan kepada anak-anaknya untuk mengeksplorasi dirinya sendiri. Jika dulu sewaktu SMA kamu sering di rumah, di masa ini kamu pasti sering keluar bersama teman-temanmu. Entah makan bareng, belanja bareng, ngopi bareng, nonton bareng, sampai travelling bareng. Tinggal jauh dari orang tua membuat kita bisa bebas berekspresi. Tapi ingat, meski kamu bebas melakukan apapun, lakukan hal-hal yang positif saja. Melakukan hal-hal positif akan membuat masa kuliahmu menjadi bermanfaat dan tidak sia-sia. Misalkan 5 hal seperti di bawah ini.


1. Aktif di Komunitas atau Organisasi

Mungkin sudah menjadi kewajiban bagi mahasiswa untuk aktif di komunitas ataupun organisasi, baik di lingkungan kampus, maupun luar kampus. Apa sih keuntungannya? Pertama, kamu bisa menambah banyak teman, dan hal ini tentu akan sangat menguntungkanmu. Terutama nanti saat kamu mencari pekerjaan dan saat kamu travelling. Selain itu, kamu akan mendapatkan banyak sekali pengalaman dari sana. Ya, selama kegiatan organisasi maupun komunitas yang kamu ikuti tidak mengganggu kuliahmu, kamu boleh ikut komunitas atau organisasi apapun yang kamu inginkan.

2. Lolos PIMNAS

PIMNAS atau Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, adalah ajang kompetisi ilmiah mahasiswa paling bergengsi di Indonesia. Setiap tahunnya, beribu-ribu mahasiswa di seluruh bagian Indonesia berlomba-lomba untuk bisa lolos hingga masuk PIMNAS. Dan tentu saja tidak mudah untuk bisa lolos sampai masuk PIMNAS. Saingannya banyak sekali. Untuk bisa lolos, diperlukan ide yang benar-benar menarik serta kreatif. Tahap awal untuk masuk PIMNAS adalah kamu harus lolos pendanaan PKM, atau Program Kreativitas Mahasiswa. Di tahap ini, kamu harus mengajukan sebuah proposal kegiatan sesuai bidang yang kamu ambil. Nah, kamu wajib mencobanya sebelum lulus kuliah. Kalau belum bisa masuk PIMNAS, setidaknya kamu harus lolos pendanaan PKM. Berani mencoba?

3. Solo Travelling

Tidak perlu sampai ke luar negeri untuk merasakan solo travelling. Kamu bisa mencobanya ke daerah lain di luar provinsi misalnya. Jika kamu kuliah di Surabaya, atau Malang, kamu bisa mencoba solo travelling ke kota Bandung, atau Jakarta. Rasakan bagaimana seru dan bingungnya saat berpergian sendirian. Nah, di sinilah kamu membutuhkan banyak teman untuk membantumu. Punya banyak teman itu tidak rugi kok.

4. Punya Penghasilan Sendiri

Punya penghasilan sendiri saat kamu masih kuliah akan mengajarkanmu bagaimana rasanya mencari uang. Sebenarnya tidak susah kok. Asalkan kamu mau mencoba. Tidak perlu melamar pekerjaan di perusahaan besar untuk memulainya. Kamu bisa mencoba berbisnis sendiri, seperti bisnis kuliner, atau online shop, bisnis desain, dan lain-lain. Atau kalau kamu belum tertarik untuk berbisnis, kamu juga bisa mengambil kerja part time. Misalkan jadi penulis artikel, guru les privat, waitress di sebuah restoran, dan masih banyak lagi. Punya penghasilan sendiri itu menyenangkan lho.

5. Bikin Kumpulan Handout Materi Kuliah

Meski jaman sekarang semua serba canggih dan tidak perlu buku, tidak ada salahnya membuat kumpulan materi kuliah. Kamu bisa mengumpulkan materi-materi kuliahmu, lalu dijilid yang rapi jadi satu. Nanti saat kamu sudah lulus, kamu bisa memberikan handoutmu kepada adik kelas. Bermanfaat bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar