Minggu, 07 Juni 2015

5 Minuman Favorit Untuk Buka Puasa

Wah, tidak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan. Dengan siapa kamu akan menghabiskan bulan Ramadhan kali ini? Dengan keluarga di rumah? Dengan suami atau istri? Atau sendirian saja? Dengan siapapun dan di manapun kamu menghabiskan bulan Ramadhan kali ini, tidak jadi masalah. Karena yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa memanfaatkan bulan penuh berkah ini dengan sebaik-baiknya. Setuju?

Nah, agar puasamu nanti selalu menyenangkan, kamu juga harus menyiapkan diri mulai dari sekarang. Selain dengan menjaga kesehatan, kamu juga harus siap batin. Jangan lupa untuk minta maaf pada orang tua, pasangan, saudara, bahkan mantan pacar yang mungkin tidak sengaja kamu sakiti hatinya. Kalau sudah siap batin, kamu juga harus siap makanan. Jelas perlu dong. Makanan dan minuman yang akan kamu konsumsi tentu akan mempengaruhi tenagamu saat berpuasa nanti. Untuk mengembalikan tenagamu, kamu harus menyiapkan minuman segar saat buka puasa. Seperti di bawah ini contohnya.

1. Es Kelapa Muda

Minuman pilihan pertama untuk berbuka puasa adalah segelas es kelapa muda. Orang Indonesia menyebutnya dengan es degan. Rasa air kelapanya yang enak akan menyegarkan tenggorokanmu setelah kering selama berpuasa. Selain itu, air kelapa muda dapat mengembalikan energimu yang berkurang setelah berpuasa. Puas meneguk air kelapa, jangan lupa untuk menghabiskan daging kelapa mudanya, ya. Rasanya enak dan lumer di mulut. Nah, ditambah dengan sedikit sirup rasa melon atau strawberry pasti membuat es kelapa mudamu semakin menyegarkan. Sluurrppp…


2. Es Buah Campur

Di Indonesia, es buah campur sudah lazim dihidangkan saat berbuka puasa. Rasanya manis dan menyegarkan. Perpaduan berbagai macam buah, ditambah nata kelapa, yang dicampur dengan sirup dan susu kental manis, membuat es buah campur ini menjadi minuman favorit untuk berbuka puasa. Buah-buahan yang sering dipakai adalah blewah, melon, semangka, apel, dan nanas. Jika tidak ingin repot membuat sendiri, kamu bisa menikmati es buah campur cukup dengan membelinya di stand penjual es buah. Dijamin segar, dan bugar!

3. Jus Buah

Berbeda dengan es buah campur, jus buah hanya terdiri dari satu atau dua jenis buah saja. Buah-buahannya tidak diiris, melainkan langsung diblender bersama es, atau air dingin, lalu ditambahkan sedikit susu. Rasanya? Untuk rasa jangan ditanya. Rasanya sungguh menyegarkan tenggorokan. Nah, jus buah yang paling recommended untuk buka puasa adalah jus semangka dan jus strawberry.

4. Es Dawet

Ingin minuman yang lebih lokal? Kamu harus mencoba es dawet untuk buka puasa. Di Indonesia, es dawet yang paling terkenal adalah dawet ayu. Es dawet ayu ini terbuat dari dawet, dengan gula merah dan sedikit es. Rasanya manis dan pasti membuatmu ketagihan. Tapi eits, jangan berlebihan ya. Buka puasa yang terlalu kenyang akan membuatmu malas tarawih. Kan sayang kalau sampai tidak tarawih. Betul?

5. Susu Hangat

Minum susu saat buka puasa? Boleh! Segelas susu cokelat hangat bisa membuat tubuhmu lebih rileks setelah berbuka puasa. Rasa manis susu juga akan membuat tubuhmu kembali berenergi. Tapi jika ingin ditambah es, juga boleh. Rasa es susu tidak kalah nikmatnya dengan susu hangat. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar