Kamis, 25 Juni 2015

5 Tip Mengatasi Ngantuk Saat Tarawih

Selain berpuasa kita juga disunnahkan untuk mengerjakan sholat tarawih di bulan Ramadhan. Di Indonesia sholat tawarih biasanya dilakukan berjamaah di mesjid-mesjid. Tapi kebanyakan orang memang mengantuk saat melakukan sholat tarawih. Hal ini bukan hanya karena sholat tarawih dikerjakan malam hari tapi juga karena beberapa faktor. Tubuh kita yang sudah lelah seharian beraktifitas bisa jadi salah satu penyebabnya. Maka dari itu kita butuh siasat agar saat tarawih kita gak mengantuk. Sehingga saat imam membacakan surat kita bisa menyimak dengan baik. Berikut adalah tip mengatasi ngantuk saat tarawih.


1. Jangan Makan Terlalu Banyak

Hal yang paling sering dilakukan orang saat berbuka adalah makan hingga perut terlalu kenyang. Padahal hal ini gak bagus loh. Karena selain gak bagus untuk pencernaan, hal ini juga mengganggu kekhusyukan sholat. Jadi sebaikannya saat berbuka puasa perut kita gak dipenuhi oleh makanan. Makanlah secukupnya seenggaknya hingga rasa lapar dan dahaga hilang. Baru setelah sholat tarawih jika masih ingin makan kita bisa makan lagi secukupnya.

2. Mandi Sebelum Tarawih

Mengguyur badan dengan air akan membuat tubuh merasa segar. Kalau memungkinkan kita bisa mandi dulu sebelum tarawih. Selain menghilangkan rasa gerah setelah berbuka, mandi sebelum tarawih bisa bikin kita melek saat tarawih. Karena badan kita sudah segar mengikuti sholat tarawih bersama imam. Jangan lupa juga bagi kaum adam menggunakan parfum supaya lebih segar.

3. Tidur Siang

Jika di siang harinya kita terlalu lelah beraktifitas tentu saja pada malam hari tubuh kita sudah lelah. Sebaiknya sisihkan sedikit waktu kita untuk tidur siang. Selain bagus untuk kesehatan tidur siang akan menguatkan kita saat sholat tarawih. Tidur siang pun gak perlu terlalu lama. Seenggaknya hingga tubuh kita merasa segar. Karena tidur lama pun belum tentu berkualitas. Sehingga kita dapat mengikuti sholat tarawih dengan khusyuk tanpa mengantuk.

4. Minum Kopi

Bagi kamu yang gak punya gangguan maag mungkin minum kopi bisa menyegarkan kamu sebelum tarawih. Tapi buat yang punya penyakit maag gak disarankan minum kopi sebelum tawarih. Hal ini dapat memicu produksi asam lambung berlebih. Nanti yang ada malah sakit maag deh bukan ngantuk. Tapi bagi yang gak punya masalah dengan lambungnya, bisa minum sedikit kopi. Tapi tentu saja dengan keadaan perut yang sudah terisi makanan sehingga gak menyakiti lambung.

5. Sikat Gigi Sebelum Tarawih

Selain mandi, sebelum tarawih ada baiknya kita juga menyikat gigi. Tak hanya bisa membuat kita jadi lebih melek. Menyikat gigi juga bisa menghilangkan bau mulut gak sedap yang biasanya melanda orang-orang yang puasa. Sikat gigilah dengan pasta gigi yang mengandung mint. Selain mulut jadi lebih segar kita pun jadi lebih melek. Kita pun akan lebih pede ketika berbicara dengan jamaah lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar