Kamis, 11 Juni 2015

Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Ngeblog

Beberapa tahun ini sangat banyak bermunculan blogger-blogger baru. Hal ini bisa saja disebabkan karena memang infrastruktur yang makin mendukung era internet. Bayangkan saat tahun 2007 lalu, harga paket data masih mahal, 5 rupiah per KB. Dan hari ini kamu bisa menikmati 1,5 GB dengan harga 50 ribu rupiah.

Di sisi lain, munculnya blogger baru ini dikarenakan menjadi blogger adalah pekerjaan yang menjanjikan jika konsisten. Sebenarnya tidak ada pekerjaan yang menjanjikan jika kamu tidak mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan konsisten.

Saya dulu masih tidak percaya jika aktivitas ngeblog ini bisa menguntungkan. Namun, lambat laun saya menyadari bahwa saya mendapatkan banyak manfaat dari ngeblog. Setidaknya saya bisa mendapatkan penghasilan pasif dari ngeblog. Dan yang paling ekstrem lagi, saya mendapatkan istri dari aktivitas ngeblog. Menarik bukan?

Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Ngeblog

Dari pengalaman yang telah lalu, setidaknya saya menyimpulkan ada 5 alasan kenapa kamu harus ngeblog.

1. Memanfaatkan Waktu Luang

Banyak sekali manusia-manusia di Indonesia ini yang menganggur dan kebingungan mau ngapain. Saya yakin jika dalam keadaan menganggur lalu disibukkan dengan kegiatan yang positif tentu akan berdampak baik. Salah satu kegiatan positif tersebut adalah dengan ngeblog. Karena dengan ngeblog, otak kamu akan mulai panas karena berpikir. Tentu saja orang yang berpikir itu terjauh dari kerasukan setan atau mikir yang aneh-aneh.

2. Menambah Ilmu

Mengapa ngeblog bisa menambah ilmu? Jelas karena dengan ngeblog kamu akan membaca banyak tulisan, entah itu dari buku maupun tulisan di blog orang lain. Mana mungkin orang yang menulis tidak punya referensi. Tentu saja dia harus membaca dahulu sebelum bisa menulis.

3. Mendapatkan Teman

Ngeblog adalah salah satu cara untuk menghasilkan banyak teman. Di dunia per-blog-an dikenal dengan blogwalking. Blogwalking adalah aktivitas mengunjungi blog orang lain, membaca tulisannya, dan kadang juga memberikan komentar. Dengan saling berkunjung dan berkomentar akan terjalin pertemanan, cepat atau lambat.

4. Mendapatkan Uang

Mungkin ada yang berpikir dari mana ngeblog bisa menghasilkan uang? Tentu saja banyak jalur untuk menghasilkan uang. Selama ini saya menghasilkan uang dari ngeblog dari jalur iklan dan job review. Kadang sih saya juga mendapatkan pesanan bikin template blog, karena memang saya hobi dengan dunia HTML, CSS, dan sejenisnya.

5. Mendapatkan Jodoh

Poin kelima ini adalah kasus spesial. Tidak semua blogger yang ngeblog mendapatkan istri dari aktivitas ngeblog-nya. Namun, jika ditanya apakah ada yang mendapatkan jodoh dari ngeblog? Jawabnya ada. Karena kamu sedang membaca salah satu tulisan orang yang mendapatkan jodoh dari ngeblog.

Penutup

Setidaknya 5 alasan tersebut bisa membuatmu tergugah untuk ngeblog. Ngeblog itu memang tidak langsung menjadi jago. Pasti kamu akan mengalami tahap awal yaitu bingung mau nulis apa. Bingung mau menentukan blog kamu akan diisi dengan apa. Itu adalah hal yang wajar. Jadi, bagaimana cara memulai ngeblog? Caranya adalah mulailah dari sekarang dan mulailah dengan menulis apa yang paling mudah bagimu, walau mungkin hasilnya ga jelas dan jelek menurutmu. Kualitas tulisanmu akan semakin bagus jika kamu terus menulis. Selamat mencoba :)

6 komentar:

  1. Ngeblog emang bermanfaat. Dulu itu gua anti menulis sesuatu di dunia maya, sampe kemudian gua kenal temen yang ngenalin gua manfaat blog. Sampe saat ini yang gua incer dari ngeblog adalah perasaan nyaman karena bisa sharing sesuatu. Dengan ngeblog, gua seolah jadi punya kesibukan sendiri saat terhubung ke internet, itung-itung merangsang otak untuk mikir, "apa yang harus ditulis?" atau ngutip tulisan di atas: "otak kamu akan mulai panas karena berpikir."

    Nice article :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul
      kadang ngeblog bisa jadi tempat curhat :D

      Hapus
  2. Selain untuk pendapatan tambahan, juga bisa jadi pendapatan utama, Lho! Dan, walaupun menjadi penghasilan tambahan, kadang-kdang penghasilan tambahan ini nilainya lebih besar dari pendapatan utama! Haha.. Mulai ngaco.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, saya juga pendapatan utama lebih kecil dari sampingannya :D

      Hapus
  3. toss, saya juga mengalami yang nomor 5! mendapat jodoh karena ngeblog :D

    BalasHapus
  4. Hmmm ada pepatah mengatakan, kamu akan dikenang dengan menulis. Oleh karena itu blog bisa menjadi sarana menulis yang sangat bermanfaat. Selain alasan yang telah sampean tuliskan sob. :)

    BalasHapus