Rabu, 24 Juni 2015

5 Alasan Kenapa Di Bulan Puasa Malah Boros

Bulan Ramadhan telah tiba, sudah saatnya orang-orang berpuasa. Anehnya di bulan puasa orang-orang malah banyak mengeluh karena lebih boros dari bulan biasanya. Padahal kita hanya makan dua kali. Biasanya makan tiga kali atau lebih. Seharusnya lebih ngirit dong? Tapi begitulah kenyataannya. Beberpa orang memang merasa bulan puasa ini menghabiskan uang lebih banyak untuk makan. Beruntung deh kamu yang di bulan puasa ini gak mengalami hal ini.

1. Laper Mata Bukan Laper Perut

Puasa tentu saja perut keroncongan memicu kita untuk ingin makan banyak hal. Saat perjalanan pulang ke rumah melihat aneka macam takjil yang dijual di jalan memang sangat menggoda. Akhirnya kita membeli apa yang gak seharusnya dibeli. Padahal saat buka puasa pun gak bisa ngabisin semua. Jadi memang ya perut lapar itu membuat mata kita lapar juga, haha.

2. Harga Barang Pokok Naik

Entah kenapa ya, tiap kali bulan puasa harga barang-barang pokok pada naik. Kenaikan bahan pokok ini tentu saja berimbas pada anggaran belanja. Akhirnya uang belanja bulanan yang justru lebih cepat habis saat puasa. Beberapa bahan pokok ada yang naik dengan signifikan ada yang paling naik sedikit doang. Contohnya nih kemarin saat ke pasar biasanya beli timun sekilo empat ribu kalau puasa harga timun jadi seribu lima ratus sebuahnya. Mending gak makan timun deh kalau gitu.

3. Makan Mewah Tiap Hari

Puasa berarti kita menahan lapar dan dahaga hingga waktunya berbuka. Tapi justru gara-gara nahan dahaga dan lapar seharian hal ini dimanfaatkan oleh orang untuk makan mewah tiap hari. Padahal puasa yang lebih afdol adalah makan berbuka dengan menu kita biasanya. Kebanyakan orang malah makan mewah tiap hari dengan berdalih butuh gizi. Ya gemana gak boros kalau tiap hari maunya makan daging terus? Padahal memenuhi gizi itu gak harus dari daging. Justru tubuh kita lebih butuh sayuran dan buah ketimbang daging.

4. Sering Makan Di Luar

Salah satu yang bisa jadi penyebab kita boros di bulan puasa ini adalah karena kita sering makan di luar. Kalau biasanya sebulan paling dua atau tiga kali, bulan puasa gini justru bisa berkali-kali. Hal ini karena kita merasa gak masalah untuk makan diluar karena sudah berpuasa seharian. Atau malah kita memang sengaja ingin memanjakan lidah kita yang seharian gak mengecap makanan.

5. Terlalu Serakah

Gak dipungkiri lagi kalau puasa pasti yang ditunggu-tunggu adalah waktu berbuka. Saat sedang berpuasa kita mengidam-idamkan untuk makan banyak hal. Akhirnya kita sengaja membeli apa yang jadi keinginan kita dengan dalih seharian sudah puasa. Padahal sih perut gak mungkin kuat makan sebanyak itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar