Selasa, 29 September 2015

3 Manfaat Belajar Kepemimpinan Bagi Siswa


Tidak semua orang ditakdirkan untuk menjadi pemimpin. Akan tetapi bukan berarti tidak ada kesempatan untuk mempelajari sifat kepemimpinan lho. Sikap kepemimpinan (leadership) patut ditanamkan sejak masa kanak-kanak. Sebab sikap seperti ini tak hanya penting untuk membimbing orang lain, tetapi juga bermanfaat untuk diri sendiri.

Manfaat seperti apa yang bisa diperoleh siswa yang belajar kepemimpinan?

Mampu Mengenal Diri Sendiri

Menurut situs Penn State, siswa yang mempelajari dasar-dasar kepemimpinan akan punya kemampuan untuk mengenali dirinya sendiri. Hal ini tentu akan membuat siswa jadi merasa lebih percaya diri dengan kemampuan dan bakat yang dimilikinya.

Siswa yang percaya diri mampu menetapkan proses pendidikan terbaik yang ia butuhkan. Termasuk ketika masuk ke dunia kampus ketika beranjak dewasa. Memiliki sifat kepemimpinan hendaknya dimulai dari memimpin diri sendiri menuju ke tingkat pendewasaan.

Disiplin dan Taat Peraturan

Siswa yang memahami dasar kepemimpinan sudah pasti memiliki sikap yang lebih disiplin. Sikap disiplin ini patut dijalankan untuk mencapai keteraturan dalam bergaul, berorganisasi, maupun dalam memimpin sesuatu.

Bila seorang siswa mendapatkan contoh sikap kepemimpinan yang baik, sudah pasti hal tersebut akan melekat kuat dan menjadi salah satu pedoman dalam bergaul maupun membentuk komunitas.

Memiliki Kemampuan yang Baik Saat Berinteraksi dengan Orang Lain

Dimulai dari sikap kepemimpinan di kelas, siswa jadi bisa menjalin kedekatan hubungan dengan sang guru. Tak hanya dengan guru saja, siswa pun bisa menciptakan hubungan yang akrab dengan sesama siswa lain di kelas. Sikap kepemimpinan yang ditunjukkan oleh siswa bahkan bisa membuat siswa tersebut menjembatani hubungan antara guru dengan siswa lainnya.

Penyampaian pelajaran bisa diinterpretasikan oleh siswa tersebut kepada siswa lainnya dengan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

Manfaat sikap kepemimpinan bagi siswa memang banyak. Tetapi bagaimana ya cara yang tepat untuk menanamkan sikap tersebut kepada siswa?

Cari tahu saja jawabannya di seminar pendidikan yang diadakan oleh Gess Indonesia pada tanggal 30 September sampai 2 Oktober 2015 di JCC. Gess Indonesia (Global Educational Supplies and Solutions Indonesia) adalah organisasi bidang pendidikan yang sudah lebih dulu berdiri di Meksiko dan Dubai. Kehadiran Gess Indonesia diharapkan dapat pengambilan keputusan dan kemajuan kualitas pendidikan di tanah air.

Salah satu materi seminar Gess Indonesia akan membahas tentang latihan dasar untuk mengembangkan kepemimpinan pada diri siswa. Mulailah melakukan pendaftaran secara online di http://bit.ly/1WfsBNU. Dapatkan banyak manfaat dari seminar tentang dasar-dasar kepemimpinan serta tema seminar menarik lainnya di Gees Indonesia.

1 komentar:

  1. Kepemimpinan memang sangat sangat sangat dibutuhkan di dunia anak saat dewasa. :) Percaya nggak percaya sih, sosialisasi juga berpengaruh ke atitude.

    BalasHapus