Minggu, 29 November 2015

Pentingnya Memiliki Kulkas Hemat Listrik

Tahun 2015 ini tarif dasar listrik (TDL) naik, tentu saja ini menyebabkan pengeluaran bulanan semakin membengkak. Harus ada tindakan khusus untuk menanggulangi hal ini. Mulai dari menghitung peralatan elektronik apa saja yang harus dinyalakan atau dimatikan. Hemat listrik harus dilakukan dengan menyalakan lampu di jam-jam tertentu saja, misalkan program 17-22.

Namun, kita tahu bahwa ada peralatan elektronik yang tidak bisa dinyalakan hanya pada jam-jam tertentu saja. Salah satunya adalah kulkas. Kulkas adalah peralatan elektronik yang hampir jarang dimatikan sehari-harinya. Mungkin kulkas dimatikan dua minggu atau bahkan sebulan sekali untuk dibersihkan. Selebihnya, kulkas akan terus menyala. Untuk itu perlu menyiasati hal ini agar pemakaian listrik bisa hemat.

Salah satu tip untuk menghemat pemakaian listrik pada kulkas adalah dengan membeli kulkas yang hemat listrik. Kulkas hemat listrik memang terbukti akan menekan pemakaian listrik per bulannya. Jika sehari saja bisa menghemat pemakaian 10%, maka bayangkan jika angka tersebut dikalikan dengan sebulan. Tentu saja akan sangat banyak. Apalagi jika bisa menghemat lebih dari 10%. Kita akan sangat diuntungkan.

Bagaimana sih kriteria kulkas hemat listrik itu?

Kulkas Hemat Listrik

Kulkas yang hemat listrik adalah kulkas yang tidak menggunakan kompresor konvensional. Jika kompresor konvensional terus menerus aktif, kompresor modern menyesuaikan kelembaban dan pola pemakaian kulkas. Bisa aktif atau pasif sesuai kebutuhan. Hal inilah yang biasa disebut dengan Digital Compressor Inverter. Teknologi Digital Compressor Inverter ini menggunakan smart sensor yang dapat mengetahui kapan kompresor diaktifkan maupun dipasifkan. Hal ini sangat menghemat pemakaian listrik.

Selain menggunakan Digital Compressor Inverter, kulkas yang hemat listrik juga menggunakan Twin Cooling System. Twin Cooling System ini berguna untuk menjaga kelembaban tetap terjaga lebih baik dari pada cooling system sebelumnya. Dengan terjaganya kelembaban maka kompresor tidak perlu susah payah untuk menjaga suhu. Hal ini bisa menghemat listrik yang digunakan untuk mengaktifkan kompresor.

Fitur No Frost juga bisa menghemat penggunaan listrik. Fitur No Frost ini menyebabkan tidak adanya embun yang membeku. Dengan tidak adanya embun yang membeku, maka kelembaban tetap stabil. Sehingga bisa menghemat energi listrik yang digunakan.

Jika kulkas konvesional menggunakan lampu biasa, maka kulkas modern yang hemat listrik menggunakan LED untuk penerangan. Penggunaan LED ini sangat optimal untuk menghemat listrik namun menghasilkan pencahayaan yang lebih terang dari lampu biasa.

Keempat ciri kulkas tersebut dapat menghemat penggunaan listrik di rumahmu. Dan tentu saja dampaknya adalah kamu bisa menghembat biaya tagihan listrik tiap bulannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar