Senin, 22 Februari 2016

6 Cara Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang bukan lah yang sepele. Berbagai masalah gigi bisa ditimbulkan akibat gigi berlubang ini. Contohnya seperti bau mulut, peradangan pada gusi dan lain-lain. Sebelum gigi kamu berlubang lebih baik mencegah agar gigi tidak berlubang. Mencegah gigi agar tidak berlubang lebih baik dari pada harus mengobati gigi yang berlubang. Berikut adalah cara mencegah gigi berlubang.

Gigi Berlubang

Hindari Konsumsi Makanan Manis Secara Berlebihan

Sudah hal yang umum diketahui bahwa makanan manis dapat merusak gigi. Hal ini dikarenakan gula yang terkandung pada makanan akan menjadi asam. Dan asam ini lah yang dapat merusak gigi. Maka dari itu konsumsi gula secara berlebih dapat menyebabkan gigi berlubang. Sebaiknya berkumur atau menyikat gigi setelah makan-makanan manis.

Menyikat Gigi dengan Pasta Gigi Berflorida

Menyikat gigi adalah salah satu cara mencegah gigi berlubang. Biasakan untuk menyikat gigi sehari dua kali agar gigi tetap sehat dan terhindar dari gigi berlubang. Jangan lupa untuk menggunakan pasti gigi yang mengandung zat Florida. Hal ini dikarenakan zat ini membantuk pembentukan email gigi dan dapat menghindari pembusukan pada gigi.

Berkumur dengan Obat Kumur Gigi

Selain menyikat gigi, hal yang tidak kalah penting adalah berkumur setelah menyikat gigi. Berkumurlah menggunakan obat kumur gigi yang mengandung florida. Obat kumur ini berfungsi untuk menjangau daerah yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Obat kumur gigi dapat kamu gunakan meski kamu tidak menyikat gigi. Seperti sesudah makan makanan yang manis. Kamu bisa berkumur dengan obat kumur agar kandungan gula pada makanan manis tidak tersisa pad gigi.

Hindari Makanan yang Lengket

Penyebab gigi berlubang adalah sisa makanan yang tidak segera dibersihkan kemudian menjadi plak gigi. Kita perlu berhati-hati ketika memakan makanan yang lengket karena sisa makanan pada gigi akan tertinggal pada gigi. Belum lagi jika makanan yang lengket ini ternyata tersangkut pada bagian yang sulit dibersihkan. Maka lama kelamaan dapat menyebabkan gigi berlubang.

Menyikat Gigi Sebelum Tidur atau Sesudah Makan Makanan Manis

Salah satu kunci mencegah gigi berlubang adalah dengan menyikat gigi. Tapi tentu saja kita harus menyikat gigi pada waktu yang tepat. Biasakan menyikat gigi sebelum tidur. Hal ini dikarenakan sisa makanan pada gigi yang dibiarkan saat tidur dapat berubah menjadi asam dan merusak gigi. Oleh karena itu sangat penting menyikat gigi sebelum tidur. Selain itu setelah makan-makanan manis biaskan menyikat gigi agar sisa gula pada gigi segera hilang dan tidak berubah menjadi asam yang dapat memicu gigi berlubang.

Mengunjungi Dokter Secara Rutin

Awal mula gigi yang berlubang adalah lubang yang sangat kecil yang tidak terlihat oleh mata. Oleh karena itu kita butuh untuk memeriksakan gigi ke dokter untuk mengontrol gigi agar dapat segera mendapat penanganan.

Jika Gigi Sudah Berlubang

Jika gigi kamu sudah terlanjur berlubang, maka jangan berkecil hati. Karena cara mencegah gigi berlubang yang telah disebutkan tadi tetap dapat kamu terapkan. Hal ini untuk mencegah agar gigi yang sudah berlubang tidak semakin berlubang. Karena gigi yang berlubang jika tidak dirawat akan menjadi semakin buruk. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat sehingga gigi yang sudah berlubang tidak memburuk.

Itulah beberapa cara mencegah gigi berlubang. Bagi kamu yang menginginkan gigi tetap sehat jangan lupa selalu menyikat gigi dua kali sehari. Dan tentu saja di waktu yang tepat, yaitu sebelum tidur dan sesudah sarapan.